Alasan Kenapa Senam Zumba Begitu Populer

By - 08/06/2017

Alasan Kenapa Senam Zumba Begitu Populer – Bagi yang sering ke gym, mungkin anda tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Seiring berjalannya waktu zumba semakin digemari untuk menurunkan berat badan serta menghilangkan stres terutama bagi para ibu-ibu.

alasan senam kebugaran zumba sangat populer

Image: kawaiibeautyjapan.com

Pada artikel ini, kami akan memberitahu anda segala hal tentang zumba, latihan populer saat ini yang memungkinkan anda membakar 800 kalori dalam satu jam.

Apa itu zumba?

Zumba adalah latihan yang menggabungkan berbagai jenis tarian, seperti salsa, merengue, mambo, reggaeton, dll. Zumba didasarkan pada koreografi aerobik yang tidak hanya memungkinkan anda menurunkan berat badan tetapi juga mengurangi stres dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Olahraga modern ini berasal dari Kolombia, salah satu negara di Amerika Latin. Di kelas zumba, anda dapat melakukan semua jenis tarian yang dikombinasikan satu sama lain dan disesuaikan dengan koreografi masing-masing. Latihan ini dapat mengencangkan otot dan memungkinkan anda membakar 500 sampai 800 kalori per sesi latihan (sekitar satu jam).

Kata “zumba” berasal dari bahasa latin yang disebut oleh orang-orang Kolombia: “rumba”, yang berarti “pesta”. Yang menciptakan latihan ini adalah Alberto “Beto” Pérez, ia adalah seorang guru olahraga. Zumba ternyata baru-baru ini populer dilakukan di negara lain, walaupun Beto menciptakannya pada akhir tahun 90-an.

Latihan ini diperkenalkan di Amerika Serikat pada awal tahun 2001 dan selebritis seperti Shakira, Jennifer Lopez, dan Rihanna kemudian mempromosikannya. Dari sanalah, latihan ini menyebar ke Eropa dan seluruh Amerika Latin.

Seperti apa sih Zumba?

Zumba lebih populer di kalangan wanita. Meski kelihatannya hanya melakukan tarian, latihan ini menguras energi dan dinamis. Setiap kelas berlangsung antara 50 sampai 60 menit (tapi anda bisa memilih latihan cepat yang berlangsung selama 30 menit). Sesi dimulai dengan pemanasan dan dilanjutkan dengan kombinasi latihan yang diiringi musik latin.

Latihan ini memberikan manfaat jangka panjang.

Dengan menari salsa, merengue atau bachata anda dapat membakar kalori, menghilangkan stres, dan menyehatkan tubuh. Musik adalah tambhan khusus dalam latihan ini karena setiap lagu memiliki koreografi tersendiri sehingga latihan tidak membosankan. Irama latihan yang sangat cepat dapat memperkuat otot anda, melancarkan sirkulasi darah, mengeluarkan toksin melalui keringat, dan membuat pikiran anda lebih segar.

Baca juga: 8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional

Jenis-jenis zumba

Ada berbagai cara untuk melakukan latihan paling populer ini. Zumba tersedia dalam beberapa jenis tergantung dari peserta (usia peserta) dan tujuan yang ingin dicapai.

Zumbatomik

Kelas ini diperuntukkan bagi anak-anak yang terdiri dari koreografi dan musik khusus (sesuai usia). Anak-anak dapat bersenang-senang saat latihan serta membuat mereka lebih percaya diri dan meningkatkan sosialisasi mereka dengan orang lain.

Zumba Gold

Perbedaan antara zumba ini dengan zumba normal adalah tempo dan irama latihannya yang sudah dimodifikasi. Selain itu, gerakan zumba ini disesuaikan dengan kebutuhan peserta (yang biasanya orang tua). Lagu-lagunya masih salsa, reggaeton, dan merengue tapi lebih lambat.

Zumba Air

Seperti namanya, zumba ini umumnya dilakukan di dalam kolam renang. Selain bermanfaat untuk fisik seperti kelas zumba normal, jenis zumba ini cukup sulit karena melakukan gerakan di dalam air yang bertujuan meningkatkan beban gerakan.

Zumba Toning

Setiap sesi latihan dirancang untuk meningkatkan kapasitas kardiovaskular dan daya tahan otot anda. Peserta menggunakan instrumen khusus untuk menandai waktu dan gerakan. Latihan ini juga disebut zumba khusus untuk membakar lemak.

Zumba Gold Toning

Zumba ini menggabungkan gerakan penghilang stres dengan latihan kekuatan. Latihan ini dimulai dengan intensitas dan ritme yang rendah kemudian secara bertahap intensitas dan kecepatannya meningkat. Zumba jenis ini dapat meningkatkan daya tahan otot, kepadatan tulang, memperbaiki postur tubuh serta memperkuat persendian.

Zumba Sirkuit

Zumba ini berlangsung selama 30 menit melakukan gerakan tarian intensitas tinggi dengan jeda waktu. Latihan ini sangat cocok untuk membakar kalori, meningkatkan stamina dan melancarkan metabolisme.

Baca juga: Cara Sehat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Zumba Sentao

Ini adalah salah satu zumba yang paling modern. Peserta melakukan latihan koreografi sambil duduk di kursi. Latihan ini bermanfaat menyeimbangkan dan menstabilkan tubuh serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Zumba dan Crossfit: dua latihan yang digandrungi saat ini

Meskipun keduanya adalah olahraga yang berbeda, tapi keduanya menjadi latihan yang sering dilakukan di gym. Kedua latihan ini bermanfaat untuk:

  • Mengurangi stres dan penyakit kecemasan.
  • Membuat anda bersenang-senang dan bahagia.
  • Menurunkan berat badan.

Banyak orang memilih menggabungkan kedua latihan tersebut (misalnya, dua kali zumba di minggu pertama dan dua kali crossfit di minggu kedua). Zumba lebih ke arah aerobik dan bersenang-senang, sementara crossfit berfokus untuk menguatkan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Share is caring!