Tanda-Tanda Sirkulasi Darah Tidak Lancar

By - 20/05/2017

Tanda-Tanda Sirkulasi Darah Tidak Lancar – Sirkulasi darah tidak lancar sangat umum terjadi, terutama di musim panas. Kondisi ini paling banyak dialami oleh orang dewasa.

tanda sirkulasi darah anda tidak lancar

Image: arbamedia.com

Namun, tahukah anda bahwa sirkulasi darah yang tidak lancar memiliki banyak konsekuensi negatif bagi kesehatan? Perhatikan tanda-tanda yang muncul di tubuh anda sehingga anda dapat mengatasi masalah ini sesegera mungkin.

Bagaimana mengetahui sirkulasi darah tidak lancar?

Sistem pada tubuh bekerja setiap hari untuk mendistribusikan darah melalui pembuluh darah dan arteri, organ tubuh berfungsi sesuai fungsinya, mengolah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dan hormon mengatur pH tubuh.

Kebiasaan tertentu seperti merokok atau jarang duduk dan kondisi seperti sedang hamil atau kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah ini.

Tanda-tanda utama sirkulasi darah tidak lancar adalah:

Kaki dan tangan terasa dingin

Karena darah tidak sampai ke tangan dan kaki anda, tangan dan kaki akan terasa lebih dingin. Itulah sebabnya anda merasa kedinginan meskipun bukan musim dingin.

Perubahan pada kulit

Perubahan warna pada kulit anda adalah tanda-tanda sirkulasi darah tidak lancar. Ini menandakan bahwa darah anda tidak mengalir dengan baik. Perhatikan bekas merah atau ungu pada kaki atau betis anda. Jari-jari kaki anda mungkin tampak memar atau kebiruan. Kulit yang berubah warna adalah tanda bahwa darah dan oksigen tidak mengalir dengan baik melalui pembuluh darah. Gejala ini dikenal sebagai sianosis.

Pembengkakan

Sirkulasi darah yang buruk mengganggu kesehatan ginjal dan menyebabkan peradangan di bagian tubuh tertentu. Jika melihat tangan atau kaki anda bengkak, itu karena aliran darah tidak melewati tangan dan kaki anda, sehingga menyebabkan pembengkakan.

Kesemutan

Mati rasa di tangan atau kaki adalah tanda-tanda yang tidak boleh anda abaikan. Hal ini terjadi ketika timbunan lemak menghalangi aliran darah di arteri anda. Mati rasa berarti hanya ada sedikit darah di daerah itu.

Rambut rontok dan kuku rapuh

Meskipun bisa disebabkan oleh masalah lainnya seperti stres atau pola makan yang buruk, rambut rontok dan kuku rapuh juga bisa terjadi karena sirkulasi darah yang tidak lancar.

Dalam kasus ini, rambut anda akan kering dan rontok, dan kuku akan pecah dengan mudah atau tidak akan tumbuh, karena kulit kepala, tangan, dan kaki anda tidak menerima nutrisi yang dibutuhkannya.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Biji Gandum untuk Rambut

Varises

Yang paling mengkhawatirkan dari buruknya sirkulasi darah adalah membuat tekanan darah naik. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah permukaan kulit anda membengkak. Varises biasanya muncul di belakang lutut dan pergelangan kaki. Anda mungkin juga merasa kaki anda panas di malam hari setelah duduk seharian.

Kelelahan

Bila nutrisi tidak didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh, anda akan merasa lesu dan lemas. Darah dipompa lebih lambat dan pergerakan oksigen ke otot (dan otak) juga lebih lambat. Karena itu, tubuh anda akan terasa berat dan aktivitas tertentu akan terasa sulit.

Pencernaan lambat

Jika anda merasa kenyang berjam-jam setelah makan (meski anda tidak makan makanan berat), itu mungkin karena sirkulasi darah yang buruk. Hal yang sama jika anda sering mengalami sakit maag, sembelit, dan kembung. Ini terjadi karena darah tidak terpompa ke usus sebagaimana mestinya.

Lambatnya penyembuhan luka

Bila sirkulasi darah tidak lancar, sel darah putih tidak dapat diangkut dengan cepat, dan karena itu sel darah puith tidak dapat melakukan fungsinya dengan segera seperti penyembuhan luka.

Infeksi dan pilek

Jika aliran darah anda lambat, tubuh anda tidak efisien dalam mendeteksi atau melawan patogen. Sehingga anda menjadi lebih sering terkena penyakit yang disebabkan virus atau bakteri. Dengan demikian, antibodi begerak lebih lambat dan tidak melindungi tubuh anda seperti seharusnya.

Baca juga: Resiko Terlalu Sering Minum Antibiotik

Disfungsi ereksi

Beberapa pria dengan sirkulasi darah yang buruk juga memiliki masalah pada organ seksual mereka, karena darah tidak mengalir dengan baik ke organ tersebut.

Nyeri dada

Nyeri dada yang menindih memiliki banyak penyebabnya. Salah satunya adalah kurangnya darah yang mengalir ke jantung dan perasaan berat atau menyesakkan itu kemudian hilang secara tiba-tiba.

Kehilangan selera makan

Perut anda mengirimkan sinyal lapar ke otak jika sirkulasi darah di perut dalam jumlah yang tepat. Jika anda kurang nafsu makan sepanjang hari atau merasa tidak ingin makan apapun, mungkin organ pencernaan anda tidak mampu mengirimkan sinyal lapar ke otak. Hal ini juga menyebabkan berat badan anda turun, tapi dengan cara yang tidak sehat.

Fungsi kognitif menjadi buruk

Bila otak anda tidak mendapatkan darah yang dibutuhkannya, neuronnya bekerja lebih lambat. Anda mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi atau fokus, atau masalah pada ingatan.

Share is caring!