Spirulina dan Manfaatnya bagi Kesehatan

By - 26/04/2017

Spirulina dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Spirulina sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh suku Maya dan Aztec. Banyak yang menjadikan ganggang bergizi ini sebagai suplemen. Obat kuno ini sangat banyak manfaatnya dan dalam artikel ini kami akan membahas tentang manfaat spirulina bagi kesehatan.

apa itu spirulina dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan

Image: disehat.com

Sejarah singkat spirulina

Orang Meksiko Hernán Cortés pernah menyebutkan vegetasi tertentu yang dikumpulkan oleh suku Aztec dan tumbuh di permukaan danau Texcoco. Mereka mengeringkannya di bawah sinar matahari lalu memanggangnya sebelum dimakan. Penduduk asli menyebutnya dengan nama tecuitlat yang berarti “produk batu”.

Spesies ini hanya hidup di air yang memiliki kandungan mineral tinggi. Di Spanyol, spesies ini ditemukan di Parque Nacional de Doñana di Huelva, lebih banyak lagi di danau Santa Olalla. Namun, ini bukan vegetasi asli Spanyol, spirulina dibawa ke sana oleh orang-orang Flemish saat bermigrasi dari Afrika.

Pada akhir abad ke-20, spirulina mulai digunakan secara komersial. Ganggang ini mulai ditanam pada tahun 1962 di daerah kering dimana jumlah air membuatnya tidak layak untuk pertanian konvensional.

Saat ini, spirulina sudah banyak dikonsumsi baik mentah-mentah maupun dalam bentuk kapsul atau bubuk dan mudah ditemukan di toko suplemen manapun.

Nutrisi dan khasiat spirulina

Cyanobacteria berbentuk spiral ini memiliki warna hijau kebiruan karena terdapat kandungan phycocyanin dan klorofil. Secara keseluruhan, spirulina adalah suplemen luar biasa yang mengandung protein dalam jumlah banyak (57% dari spirulina adalah protein).

Spirulina juga merupakan sumber karbohidrat, lemak, asam nukleat, vitamin A dan B12. Beberapa mineral dalam spirulina mengandung kalsium, besi, magnesium, dan fosfor.

Baca juga: 5 Makanan Berlemak yang Justru Menyehatkan Tubuh

Bagus untuk kesehatan dan kecantikan

Mengkonsumsi spirulina memiliki dampak besar bagi kesehatan dan kecantikan. Ini adalah suplemen makanan yang memperlambat penuaan. Selain itu, spirulina juga mengandung antioksidan seperti beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Karena mengandung banyak zat besi, ganggang ini sangat bermanfaat bagi penderita anemia, mudah lelah, dan kekurangan mineral. Atlet profesional menggunakannya untuk meningkatkan kinerjanya dalam kompetisi dan latihan. Mereka merasa suplemen ini membantu mereka memulihkan energi dan kesehatan fisik mereka.

Karena rendah lemak jenuh dan asam lemak esensial, sangat ideal untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Dan juga spirulina hampir tidak memiliki kalori dan bahkan mengandung asam amino yang membantu menekan nafsu makan.

Manfaat spirulina bagi kesehatan

Spirulina memiliki kemampuan untuk membantu melindungi dan meningkatkan fungsi hati dan paru-paru. Selain itu, ganggang ini membantu dalam:

  • Detoksifikasi tubuh
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Regenerasi bakteri usus (sangat bagus untuk penderita sembelit, karena membantu dalam pembentukan tinja)

Spirulina juga berkontribusi terhadap produksi neurotransmiter yang disebut asetilkolin, yang menjaga neuron tetap seimbang dan meningkatkan kesehatan sistem saraf pusat. Karena memiliki vitamin, spirulina dapat membantu fungsi sel otak menjadi lebih baik (ini sangat cocok diminum sebelum ujian kelulusan atau tes lainnya).

Selain itu, organisme air asin ini sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular dan juga dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida serta tekanan darah. Tentu saja, ada banyak kelebihan dari suplemen luar biasa ini. Berikut beberapa kelebihan lainnya:

  • Mencegah osteoporosis saat menopause
  • Membantu anda tertidur
  • Mengurangi gejala rheumatoid arthritis
  • Mengobati telinga berdengung atau tinnitus
  • Menghilangkan bau mulut
  • Membasmi dan menyembuhkan bisul atau sariawan di mulut

Manfaat spirulina bagi kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanaman ini juga baik untuk kecantikan. Spirulina memiliki sejumlah besar mineral, vitamin, dan asam amino yang membantu pertumbuhan dan penguatan rambut. Jadi, bagus untuk orang yang sedang melawan kerontokan rambut.

Ganggang ini juga bagus untuk mengatasi kuku yang rapuh. Selain itu, spirulina mengandung klorofil, asam linoleat, dan vitamin E yang membantu dalam meremajakan kulit.

Bagaimana cara mengkonsumsi spirulina?

Anda bisa mendapatkan manfaat dari spirulina dalam berbagai bentuk: kapsul, cairan dan tablet. Untuk orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi 3 sampai 5 gram sehari.

Baca juga: Resiko Terlalu Sering Minum Antibiotik

Larangan dan efek samping

Orang yang memilki asam urat atau hyperuricemia, wanita hamil atau menyusui harus menghindari mengkonsumsi spirulina. Hal ini dapat menyebabkan diare, muntah, reaksi pada kulit, dan sakit kepala.

Share is caring!