Sejarah Singkat dan Manfaat Terapi Tertawa

By - 16/06/2017

Sejarah Singkat dan Manfaat Terapi Tertawa – Beban kita serasa hilang ketika kita bernyanyi, menari, atau tertawa. Terapi tertawa adalah strategi yang semakin banyak diterapkan untuk membantu pasien dengan masalah kesehatan atau masalah emosional.

sejarah dan manfaat dari terapi tertawa untuk kesehatan dan emosional

Image: life.viva.co.id

Metode yang kami bagikan pada artikel ini agak modern. Tapi, tetap dapat membantu menyembuhkan atau mengatasi segala macam masalah yang tengah dihadapi kebanyakan orang.

Sejarah singkat terapi tertawa

Tertawa membantu menyembuhkan dan mempengaruhi tubuh beberapa saat setelah tertawa. Filosofi Tao di Cina mengajarkan tentang senyuman. Orang Cina mengatakan bahwa tersenyum menciptakan kebahagiaan, menjaga kesehatan, dan memberi umur panjang.

Di abad ke-16, beberapa filsuf, dokter, dan psikolog, termasuk Immanuel Kant, mengatakan bahwa tertawa adalah fenomena psikosomatik. Mereka mengatakan bahwa tertawa dapat membebaskan energi negatif dari tubuh.

Saat tertawa terbahak-bahak, anda menggerakkan antara 100 hingga 400 otot. Tertawa itu baik untuk kesehatan emosional dan fisik. Ini juga salah satu cara utama yang digunakan orang untuk meredakan situasi yang tidak nyaman.

Tahukah anda bahwa anda tertawa sampai 300 kali per hari saat masih kecil? Seiring berjalannya waktu, anda semakin jarang tertawa. Memiliki selera humor baik untuk menghadapi masalah yang sedang anda hadapi. Tertawa juga dapat mengatasi stres dan penyakit saraf. Jika tertawa, kita merasa bahagia dan kita menilai sesuatu dengan cara yang berbeda.

Terapi tertawa dan manfaatnya

Tertawa adalah proses terapeutik yang membantu anda merasa kenyang, bahagia, dan puas. Hanya 20 detik tertawa, tubuh bekerja sama beratnya seperti melakukan 3 menit latihan aerobik.

Terapi tertawa melepaskan ketegangan fisik maupun emosional

Sesi terapi tertawa biasanya dilakukan dalam kelompok. Peserta mengikuti arahan dari mentor khusus. Terapi ini menggunakan permainan, tarian, ekspresi tubuh, dan bahkan pijat. Tujuannya adalah semua peserta dibuat tertawa sampai terbahak-bahak.

Terapi ini juga berfungsi untuk melemaskan otot, menghilangkan ketegangan, dan mendorong peserta tertawa yang spontan alami. Mentor mendorong peserta untuk menjadikan tertawa sebagai gaya hidup dan sebagai bentuk ekspresi.

Beberapa terapi tertawa yang dapat anda lakukan dalam kelompok atau di rumah:

  • Mengayunkan bola. Pada setiap napas,anda dapat menghilangkan energi negatif.
  • Menari dengan balon yang diikatkan pada sepatu.
  • Menggelitik pasangan.
  • Dengarkan seorang anak tertawa (diharapkan menular ke peserta).

Baca juga: 8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional

Selain manfaat-manfaatnya di atas, di bawah ini kami juga membagikan beberapa manfaat dari tertawa yang perlu anda tahu:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jika anda menderita tangan atau kaki yang dingin, tertawa lebih baik daripada sarung tangan atau kaus kaki untuk menghangatkan tubuh, mengoksidasi jaringan tubuh, serta mempercepat penyembuhan luka atau penyakit.

Terapi ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi anda dari penyakit jantung, dan menstabilkan fungsi metabolik anda.

Tertawa juga membantu membersihkan arteri anda (jika anda menderita kolesterol). Dan juga merangsang produksi endorfin di otak, serta menyeimbangkan sistem hormon.

2. Membersihkan pikiran

Saat tertawa, anda menghilangkan kekhawatiran terhadap segala hal. Plus, pikiran anda akan dirangsang untuk mememecahkan masalah. Yang pada akhirnya tertawa mengurangi stres, kegelisahan, dan penyakit saraf. Hal ini juga mempengaruhi kualitas hidup anda dan kesehatan anda.

3. Meremajakan kulit

Jangan perdulikan garis yang muncul di sisi mulut dan mata, itu tidak begitu penting. Malah garis-garis itu adalah pertanda anda telah mengalami hal-hal yang baik di masa lalu.

Dengan tertawa kulit anda akan lebih rileks. Anda tidak akan memiliki banyak jerawat atau tanda-tanda penuaan dini. Yang perlu anda lakukan hanyalah tertawa lepas setiap hari.

4. Membantu menyingkirkan hal-hal buruk

Sering kali kita mendapatkan masalah sepele seperti jatuh di jalan saat berjalan, internet tidak lancar, jari teriris saat memotong sayur dan masalah-masalah kecil lainnya.

Dengan sudut pandang yang berbeda, anda akan tersenyum atas msalah kecil yang menimpa anda dan menjadikannya pelajaran dan bertindak lebih hati-hati untuk kedepannya.

Baca juga: 7 Jenis Meditasi dan Manfaatnya

Tertawa memiliki banyak manfaat bukan! Tertawalah setiap hari karena akan membuat hidup anda lebih menyenangkan dan membuat pikiran anda lebih tenang dalam menghadapi segala masalah.

Share is caring!