Penyebab Anus Gatal dan Cara Mengobatinya

By - 22/04/2017

Penyebab Anus Gatal dan Cara Mengobatinya – Anda mungkin belum pernah mendengar tentang penyebab anus gatal. Lagi pula, ini bukan percakapan yang bisa dibicarakan di meja makan bersama keluarga atau teman. Namun, banyak orang yang menderita karena gejala ini.

penyebab anus gatal dan cara mengobatinya secara alami

Image: infoherbalis.com

Anus gatal

Dalam istilah medis ini disebut pruritus ani. Namun, kebanyakan dari kita mengetahuinya sebagai anus gatal. Kondisi ini terjadi di daerah anus dan sekitarnya, hal ini biasanya menyebabkan kemerahan, bengkak, dan gatal yang berlebihan.

Baik pria maupun wanita bisa terkena kondisi menjengkelkan ini. Namun, biasanya lebih sering terjadi pada pria.

Baca juga: Mencegah Penyakit Kulit dengan Usus yang Sehat

Penyebab anus gatal

Pertama-tama, anus gatal tidak ada hubungannya dengan masalah atau penyakit pada anus anda. Hanya terjadi gatal di daerah sekitar anus. Secara keseluruhan, banyak hal yang bisa menyebabkan kondisi ini. Pada artikel ini, kami akan mencantumkan beberapa penyebab yang paling berpengaruh.

Iritasi atau alergi kimia

Ada banyak bahan kimia yang bersentuhan dengan daerah anus. Namun, kebanyakan orang tidak memperhatikan hal ini. Beberapa produk kebersihan pribadi biasanya mencakup banyak jenis komponen kimia. Bahan kimia ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada jaringan kulit.

Contohnya produk seperti:

  • Tisu toilet
  • Sabun
  • Parfum
  • Krim

Terlalu keras menekan saat membersihkan

Kebersihan merupakan faktor fundamental bagi manusia, terutama untuk daerah anus. Daerah ini biasanya sangat kotor saat buang air besar sehingga perlu dibersihkan. Namun, masalahnya terkadang kita berlebihan saat membersihkannya yang dapat menambahkan racun ke daerah anus.

Terlalu keras menekan ketika membersihkan anus menggunakan tangan dan kertas toilet dapat menyebabkan kerusakan kulit dan iritasi karena adanya gesekan. Hal ini akhirnya menyebabkan gatal pada anus.

Kebersihan yang buruk

Tidak membersihkan anus dengan baik juga dapat menyebabkan beberapa masalah karena kita selalu membuang kotoran berlebih dari daerah tersebut. Bila kotoran tidak dibersihkan seluruhnya, maka zat ini tetap berada dalam lubang anus dan menyebabkan rasa gatal.

Makanan penyebab anus gatal

Ada beberapa makanan yang tidak baik untuk anus. Tapi, makanan ini tidak berpengaruh terhadap setiap orang. Anus bisa terganggu oleh beberapa makanan ini:

  • Makanan pedas atau asam (cabe rawit, cabai, jeruk, atau tomat)
  • Minuman berkafein (minuman ringan, kopi, atau teh)
  • Cokelat
  • Rempah-rempah

Cara mengatasi anus gatal

Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat mengatasi anus gatal ini.

Bawang putih

Sifat antiseptik dan antibakteri dalam rempah ini sangat cocok untuk mengobati gatal di daerah anus. Anda bisa memakannya langsung atau menambahkannya ke dalam resep masakan sebagai bumbu

Lidah buaya

Dengan lidah buaya, kita bisa meredakan rasa sakit, peradangan, dan anus gatal. Menggunakan gel lidah buaya juga mampu mengobati wasir.

Baca juga: Manfaat Membekukan Gel Lidah Buaya

Yogurt

Tidak semua jenis yogurt bagus untuk mengobati anus gatal. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan yogurt alami dengan banyak mengandung probiotik (bakteri yang baik untuk tubuh).

Organisme ini menyehatkan daerah anus dan mengatasi masalah yang berhubungan dengan gatal. Untuk menggunakannya sebagai obat gatal, anda bisa mengoleskan yogurt secara langsung atau memakannya (minimal 2 gelas per hari).

Serat

Meningkatkan jumlah serat yang kita makan, berkontribusi pada lancarnya proses pencernaan. Dengan cukupnya serat yang anda konsumsi dapat menyehatkan sistem pencernaan anda dan seiring berjalannya waktu, serat dapat membantu pengobatan anus gatal.

Share is caring!