Penderita Asma Harus Hindari 9 Makanan Ini

By - 14/06/2017

Penderita Asma Harus Hindari 9 Makanan Ini –  Orang dengan sakit asma biasanya memakan menu makanan buatan sendiri untuk meminimalisir kambuhnya asma, namun tidak banyak yang mereka tahu makanan apa saja yang harus dihindari karena ada beberapa makanan tertentu membuat gejala asma semakin buruk.

daging merah dan lemak jenuh dapat memperburuk gejala asma

Image: rayapos.com

Diet untuk mengatasi asma

Pernyataan ini mungkin terdengar asing bagi anda, karena makanan bukanlah satu-satunya solusi untuk asma. Namun, diet memiliki dampak besar pada kesehatan dan mengatasi asma.

Membatasi konsumsi makanan tertentu dan mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu mengobati asma. Jika menderita asma, hindari atau kurangi asupan berikut ini:

Lemak jenuh

Ada banyak makanan yang kita nikmati saat makan siang atau makan malam, seperti makanan yang dipanggang, daging merah, dan gorengan. Anda harus berhati-hati karena lemak jenuh juga terdapat dalam makanan olahan yang memperburuk gejala asma. Hal ini disebabkan oleh respon sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat ini.

Oleh karena itu, disarankan mengkonsumsi asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan biji rami, dan kenari serta sumber protein tanpa lemak seperti susu skim, dada ayam, dan kacang polong.

Saat berbelanja, cek label makanan dan plih yang tidak mengandung lemak jenuh. Dan juga cara mengolahnya, sebaiknya anda mengukus atau memanggang makanan anda, jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng.

Susu

Susu tinggi akan lemak yang dapat memperburuk gejala asma anda. Tapi jangan khawatir, anda juga tidak perlu menjadi seorang vegetarian. Anda dapat meminum susu tanpa lemak seperti susu almond atau susu kentang.

Susu dengan lemak tinggi dapat meningkatkan produksi lendir, hal ini membuat anda sulit bernafas ketika asma kambuh.

Baca juga: 5 Jus Vegan Kaya akan Protein dan Serat

Daging merah

Daging merah mengandung lemak jenuh dalam jumlah banyak. Meskipun ada pengecualian pada daging domba yang jumlah lemak jenuhnya sedikit, asma semakin parah apabila mengkonsumsi lemak jenuh yang ditemukan pada daging sapi atau babi.

Menurut sebuah studi dari Gizi Journal, orang yang makan banyak daging merah juga cenderung menderita asma. Daging merah maksimal dikonsumsi seminggu sekali, dan makanlah daging yang lebih sehat seperti ayam, kalkun, atau ikan.

Buah jeruk dan tomat

Baik buah jeruk maupun tomat memang mengandung banyak nutrisi dan serat, namun terdapat juga senyawa yang bisa memperburuk gejala asma. Anda tidak harus berhenti memakan kedua buah ini, tapi cobalah setidaknya untuk menurunkan konsumsi terhadap keduanya.

Makanan asin

Terlalu banyak memasukkan sodium ke dalam tubuh memicu masalah ginjal, obesitas, dan darah tinggi. Hal ini juga dapat berdampak negatif pada penderita asma, karena meningkatkan respons imun dan memicu gejala asma.

Tambahkan sedikit garam pada makanan anda dan hindari makanan olahan, seperti sup kaleng atau makanan instan, kentang goreng, dan makanan ringan lainnya. Dan juga pastikan membaca kemasan barang yang anda beli di toko karena banyak mengandung sodium (bahkan permen mengandung garam).

Baca juga: Cara Alami Mengobati Darah Tinggi

Lemak trans

Lemak trans terbentuk melalui proses dimana hidrogen masuk ke dalam minyak nabati. Hal ini sangat berbahaya dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes, sekaligus memperparah gejala asma.

Hindari semua makanan mengandung lemak trans seperti margarin, makanan yang digoreng dari restoran, atau minyak yang terhidrogenasi parsial. Lemak ini juga ada dalam kue panggang komersial.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan dengan lemak yang menyehatkan seperti minyak zaitun atau canola (organik), biji rami, dan kacang-kacangan seperti kacang almond atau kenari. Lemak sehat ini tidak hanya dapat mengurangi gejala asma, tapi juga melindungi anda dari banyak penyakit lainnya.

Konsumsi makanan mengandung magnesium

Magnesium merupakan mineral yang baik bagi penderita asma. Mineral ini diperlukan untuk mengendurkan otot dan sistem pernafasan anda. Magnesium juga anti-inflamasi dan bronko-dilator. Jumlah harian yang dianjurkan mengkonsumsi magnesium adalah 500 mg.

Untuk mendapatkan asupan magnesium yang cukup, anda harus banyak memakan buah-buahan dan sayuran mentah, kacang polong dan kacang-kacangan. Jika menderita asma, tambahkan makanan ini ke dalam menu makanan anda:

  • Biji wijen dan biji labu
  • Kedelai (segala jenis)
  • Kacang polong
  • Evening primrose oil
  • Sayuran (bayam, kacang hijau, peterseli, wortel, bawang)
  • Buah (pisang, kurma, kismis)
  • Kacang-kacangan (khususnya kenari)
  • Gandum
  • Rumput laut
  • Bawang putih
Share is caring!