Merawat Usus dapat Mengobati Penyakit Tiroid

By - 24/05/2017

Merawat Usus dapat Mengobati Penyakit Tiroid – Tahukah anda bahwa anda dapat mengatasi masalah tiroid dengan memaksimalkan fungsi usus? Pada artikel ini, kami akan memberitahu faktor-faktor yang mengganggu kesehatan usus yang secara tidak langsung menyebabkan penyakit tiroid. Kami juga akan membagikan beberapa tips dan solusi alami yang sangat bermanfaat bagi anda.

mengobati penyakit tiroid dengan menyehatkan usus

Image: alodokter.com

Hubungan penyakit tiroid dengan usus

Banyak orang terkejut mengetahui bahwa tiga perempat jaringan kekebalan tubuh ditemukan di usus. Jika bakteri usus anda sehat, bakteri tersebut bertindak sebagai penghalang yang sangat baik melawan semua jenis patogen. Ini termasuk virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Usus anda menjadi pintu bagi patogen ini masuk ke aliran darah. Selain itu, patogen juga dapat mengganggu beberapa enzim yang berkaitan langsung dengan hormon tiroid anda.

Apa yang bisa merusak usus?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan usus anda. Diantaranya:

  • Pola makan yang buruk dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, susu, dan makanan olahan,
  • Sembelit,
  • Antibiotik,
  • Alergi terhadap makanan tertentu, seperti makanan yang mengandung glukosa atau laktosa,
  • Keracunan logam berat (misalnya penggunaan tambalan gigi yang mengandung merkuri),
  • Parasit usus,
  • Stres dan masalah kecemasan,
  • Emosi negatif seperti marah dan takut yang berlebihan.

Menyeimbangkan fungsi usus

Jika anda sadar usus anda bermasalah, anda harus mulai melakukan beberapa perawatan alami untuk menyeimbangkannya. Dalam kasus sembelit, fokuslah pada peningkatan mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Selain itu, anda harus minum setidaknya satu setengah liter air pada siang hari selain minum setelah makan. Jika anda menderita diare, anda bisa minum teh hijau atau jus jambu biji.

Baca juga: 6 Manfaat Utama Brokoli bagi Kesehatan

Berikut adalah tiga tips yang bisa dilakukan setiap orang dalam memperbaiki fungsi ususnya:

Diet teratur

Jika ingin mengatasi masalah usus atau ingin memiliki usus yang sehat, makanan yang anda makan harus termasuk golongan makanan berserat tinggi. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Saat ini, mayoritas produk komersial yang dibuat dengan tepung tidak mengandung serat apapun. Produk-produk dari bahan tepung tersebut seperti roti, kue kering, kue kering, pasta, pizza, dll.

Jika anda tidak suka makan buah-buahan atau sayuran, anda bisa menemukan banyak pilihan makanan yang bergizi berbahan dasar tepung gandum seperti gandum hitam dan banyak lagi. Atau anda juga bisa mengkonsumsi makanan oats.

Waspada bahaya gluten

Banyak orang dengan kelainan tiroid mungkin menderita alergi pada gluten. Gluten adalah protein dalam gandum, jelai, dan gandum hitam. Jadi, meskipun gandum baik untuk diet, sebaiknya menghindari makan gandum bagi yang alergi terhadap gluten.

Probiotik

Suplemen berbasis probiotik adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan usus. Anda akan merasakan manfaatnya sejak hari pertama mengkonsumsinya. Sebaiknya pilih probiotik bermutu tinggi yang mencakup sejumlah besar strain bakteri. Idealnya antara 30 sampai 50 juta CPU (organisme hidup yang mampu membentuk koloni).

Anda harus selalu mengkonsumsi suplemen usus pada saat perut kosong, terutama di pagi hari. Waktu terbaik adalah antara jam 5 hingga 7 pagi.

Baca juga: Mencegah Penyakit Kulit dengan Usus yang Sehat

Enema

Cara terakhir yang bagus untuk membersihkan usus adalah dengan melakukan enema (pembersihan dubur). Terutama jika anda menderita sembelit. Namun, anda harus sangat berhati-hati dengan teknik ini agar tidak mengganggu bakteri di usus anda.

Baiknya, anda harus menerapkan enema pada saat anda sedang tidak terburu-buru seperti sebelum tidur karena terkadang bisa menyebabkan kelelahan.

Share is caring!