Mencegah Penyakit Kulit dengan Usus yang Sehat

By - 20/03/2017

Mencegah Penyakit Kulit dengan Usus yang Sehat – Ada banyak orang yang merasa tidak puas dengan kulit mereka. Hal ini terjadi terutama setelah munculnya jerawat selama masa pubertas. Oleh sebab itu, mereka terus mencari alternatif untuk menyembuhkan kulitnya.

mencegah penyakit kulit dengan menjaga usus tetap sehat

Image: hellosehat.com

Ada banyak produk di toko untuk merawat kulit kering dengan sifat anti keriput, sifat anti penuaan, dan lain-lain. Namun, anda juga perlu tahu bahwa bagian luar tubuh bisa menjadi cerminan dari apa yang terjadi di dalamnya.

Bagian dalam tubuh juga mempengaruhi kesehatan kulit

Pertama-tama yang perlu anda ketahui, kulit terhubung langsung dengan fungsi vital tubuh. Beberapa penyakit kulit seperti jerawat, rosacea, eksim, dermatitis, atau psoriasis memiliki gejala yang jelas terlihat. Gejala tersebut bisa menjadi tanda bahwa ada lebih banyak hal yang terjadi di dalam tubuh anda.

Obat untuk penyembuhan penyakit kulit

Anda perlu memeriksakannya ke dokter dengan sistem medis yang jelas. Cara semacam ini dapat mengetahui penyebab rasa sakit tertentu pada sistem di dalam tubuh anda.

Misalnya, anda akan diberikan obat yang khusus mengobati jerawat dan penyakit kulit lainnya. Dalam semua kasus ini, pemberian obat ini berfokus pada penyakit yang dimiliki setiap orang dan kebutuhan masing-masing.

Menghilangkan masalah pencernaan berdampak pada kesehatan kulit

Untuk menghilangkan masalah pencernaan, pertama-tama anda perlu melakukan tes laboratorium. Tes ini menganalisis masalah kotoran di usus dan keseshatan usus. Tes ini juga untuk melihat dan mendeteksi bakteri di dalam usus dan mungkin tes ini akan dilakukan berturut-turut dalam beberapa hari.

Baca juga: 4 Vitamin untuk Paru-Paru Setelah Berhenti Merokok

Tes darah

Dengan tes darah, anda bisa mendeteksi apakah sistem pencernaan di usus berjalan dengan lancar. Partikel makanan dan bakteri tertentu yang tidak tercerna dengan baik dapat dilepaskan ke dalam darah. Hal ini menyebabkan respons inflamasi di tubuh anda.

Makanan yang melancarkan pencernaan dan menyehatkan kulit

Makanan yang paling berbahaya untuk usus adalah makanan olahan/pabrikan. Makanan ini memiliki bahan pengawet yang tidak dapat dicerna dengan baik. Namun, tidak perlu khawatir karena masih ada banyak makanan yang aman untuk usus anda. Berikut beberapa makanan yang membantu anda melancarkan pencernaan dan menyehatkan kulit:

Tulang rawan

Hampir semua orang pernah memakan tulang rawan ini. Ini adalah makanan penyembuhan tradisional. Plus, makanan ini memiliki kolagen. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan kulit.

Teh herbal

Ada beberapa teh herbal yang sangat efektif dalam menyembuhkan infeksi kronis. Selain itu, teh ini juga bagus untuk menyeimbangkan asam lambung anda.

Sayuran yang difermentasi

Beberapa sayuran fermentasi adalah produk yang sangat baik untuk memberi probiotik bermanfaat bagi tubuh anda. Makanan ini membantu melancarkan pencernaan di usus dan juga secara tidak langsung membantu menyehatkan kulit.

Makanan yang perlu anda masukkan ke dalam menu makanan anda:

  • Acar kubis
  • Kimchi (makanan khas Korea)

Hati

Hati juga merupakan makanan unggulan yang kaya nutrisi. Namun, sebaiknya jangan memakannya terlalu banyak.

Baca juga: 7 Makanan untuk Membersihkan Hati Secara Alami

Minyak kelapa

Beberapa lemak sangat penting untuk memperbaiki hubungan antara usus dengan kulit. Minyak kelapa memberi nutrisi antimikroba alami. Plus, minyak ini sangat bermanfaat dalam membantu menyehatkan kulit anda.

Minuman fermentasi

Minuman fermentasi tertentu seperti kefir, kaya akan probiotik yang sangat bermanfaat. Minuman ini bagus untuk kulit anda. Minyak ikan kod fermentasi adalah bahan lainnya yang kaya akan nutrisi tertentu seperti vitamin A, D, dan K2.

Hubungan antara usus dan kulit

Psoriasis adalah salah satu contoh penyikit kulit akibat dari racun internal dalam jaringan tubuh. Dengan semakin tidak efektifnya usus dalam menyaring makanan, maka semakin mudah penyakit ini muncul. Tidak maksimalnya kerja usus ini sering juga disebut dengan nama sindrom usus bocor.

Studi yang berbeda telah menunjukkan bahwa pasien yang menderita penyakit serupa, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, juga menunjukkan masalah pada kulit mereka.

Share is caring!