Mencegah Kulit Kering dengan 4 Cara Ini

By - 24/02/2017

Mencegah Kulit Kering dengan 4 Cara Ini – Banyak orang terutama wanita berjuang untuk memiliki kulit yang indah, berseri, dan lembab. Kulit adalah organ tubuh terbesar tubuh anda. Kulit bertanggung jawab melaksanakan banyak fungsi vital seperti:

  • Melindungi dari sinar UV
  • Mengatur suhu tubuh
mencegah kulit kering dengan cara yang sederhana

Image: vemale.com

Kulit juga merupakan salah satu organ pertama yang menunjukkan perubahan jika ada sesuatu yang salah di dalam tubuh anda. Karena itu, jagalah agar kulit anda tetap sehat dan membuat anda terlihat cantik:

Ikuti saran-saran di bawah ini agar kulit anda tidak kering.

1. Minum air dalam jumlah yang dianjurkan

Minum cukup air adalah salah satu hal utama yang perlu dilakukan agar memiliki kulit yang berseri dan sehat. Banyak orang percaya mengusap wajah mereka dengan krim mahal akan membantu mereka menjaga kulit dalam kondisi sempurna. Namun, krim atau produk kulit hanya menghidrasi permukaan kulit anda.

Minum setidaknya delapan gelas air per hari membantu anda terhindar dari kulit kering. Bila anda menambah jumlah air yang anda minum, akan segera terlihat kulit anda semakin halus dan berseri.

Disarankan juga menggunakan krim yang hanya menghidrasi lapisan pertama pada kulit. Di sisi lain, air bekerja sebagai agen penghidrasi dari dalam. Hal ini akan mempercantik lapisan kulit anda.

Baca juga: Diet dengan Mengkonsumsi Sup Melon Dingin

2. Jangan mandi terlalu lama

Banyak orang percaya jika kulit mereka kering, mereka harus banyak mandi atau mandi terlalu lama. Mereka pikir mandi terlalu lama akan melebabkan kembali kulit mereka. Tapi, ini hanyalah mitos yang menguntungkan perusahaan kosmetik dan sabun.

Bila anda mandi terlalu lama, kulit akan menjadi lebih kering. Ini karena saat mandi, anda menggunakan produk yang banyak mengandung bahan kimia. Memang benar produk ini dapat menghilangkan residu yang terkumpul di kulit sepanjang hari. Namun, kosmetik dan sabun juga melepaskan lapisan pelindung ada kulit anda.

Lapisan ini juga terlepas jika anda mandi menggunakan air panas. Dalam kasus ini, kulit anda akan terlihat semakin mengering.

Lalu, bagaimana caranya agar mandi tidak membuat kulit kering:

  • Mandi hanya sekali sehari, kecuali jika anda melakukan aktivitas fisik
  • Hindari menghabiskan banyak waktu dengan berendam
  • Mandi dengan air hangat (bukan air panas)
  • Lakukan penekanan saat mencuci telapak kaki dan ketiak dengan sabun
  • Pastikan menggunakan sabun dengan pH netral untuk area intim
  • Saat mengeringkan diri, lakukan dengan lembut
  • Setelah kulit anda kering, oleskan krim penghidrasi untuk menutup pori-pori anda yang terbuka setelah mandi

3. Mencukur dengan benar dapat mencegah kulit kering

Mencukur dengan pisau cukur dapat membuat kulit anda kering. Saat anda mencukur bulu yang tidak diinginkan, anda juga menghilangkann minyak alami yang terdapat pada kulit anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, cukurlah setelah anda mandi. Pada saat ini, bulu anda lebih lembut dan lebih fleksibel. Akibatnya, mencukur menjadi lebih mudah.

Meski begitu, penting bagi anda untuk menggunakan krim atau gel cukur. Lalu, cukur searah bulu tumbuh. Pastikan pisau cukur memiliki tepi yang tajam untuk mencegah iritasi tambahan. Saat selesai, oleskan krim anti iritasi.

Jika anda tidak memiliki krim cukur atau gel cukur, ada alternatifnya. Anda bisa menggunakan minyak kelapa karena memiliki sifat melembabkan. Dengan cara ini, anda tidak perlu melembabkan kulit setelah bercukur. Minyak kelapa sudah melakukannya.

Baca juga: Cara Membuat Krim Cukur Alami dan Murah

4. Gunakan pelindung kulit

Sinar matahari adalah salah satu penyebab utama kulit kering, keriput, dan kulit kasar. Anda dapat mencegah kerusakan ini jika menggunakan tabir surya (SPF 30) sepanjang tahun. Anda mungkin berpikir tidak perlu menggunakannya saat cuaca dingin, tapi itu adalah anggapan yang salah. Pada musim dingin, anda dapat mengganti tabir surya SPF 30 dengan yang SPF 15.

Perubahan iklim yang cepat mengubah kulit secara signifikan. Saat suhu menjadi lebih panas, pastikan tidak berpakaian berlapis-lapis agar suhu tubuh tidak terlalu panas dan berkeringat berlebihan.

Untuk menghindari bibir kering dan retak di musim dingin, gunakan lip balm dengan rating SPF 15. Di musim panas, kenakan kaos longgar dengan lengan panjang saat berada di bawah sinar matahari. Juga kenakan topi dengan pinggiran lebar (sekitar 2 inci) untuk mencegah sinar matahari mengenai leher, telinga, dan mata.

Meskipun ada kulit yang melindungi tubuh. Tapi, tidak berarti sinar matahari tidak dapat menembus lapisan kulit. Karena itu, anda perlu menjaganya semaksimal mungkin agar kulit anda tidak kering.

Share is caring!