Manfaat Membekukan Gel Lidah Buaya

By - 10/04/2017

Manfaat Membekukan Gel Lidah Buaya – Manfaat lidah buaya tak terhitung banyaknya. Lidah buaya adalah solusi sempurna untuk merawat kulit, dan bisa juga menjadi makanan yang baik untuk sistem pencernaan kita. Kita dapat juga menggunakan metode yang berbeda untuk memanfaatkan tanaman ini secara maksimal. Salah satu metodenya adalah dengan membekukannya.

manfaat membekukan gel lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan

Image: steptohealth.com

Lidah buaya memiliki daging agar-agar yang mudah rusak, sehingga sulit untuk menjaga kualitasnya. Itulah kenapa membekukan lidah buaya menjadi penting untuk dilakukan. Ini adalah proses sederhana dan bermanfaat untuk merawat kulit anda.

Alasan kenapa lidah buaya dibekukan

Lidah buaya memiliki sejumlah senyawa yang bermanfaat, tapi senyawa ini tidak dapat bertahan lama. Jika terkena sinar UV, angin, debu, dan elemen lainnya, gel bisa kehilangan khasiatnya. Ada juga metode lain untuk memperpanjang usia gel lidah buaya, yaitu menyimpannya dalam stoples kedap udara.

Baca juga: Menghilangkan Keriput Wajah dengan Krim Buatan Sendiri

Cara membekukan lidah buaya

  • Untuk membekukan lidah buaya, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan daun lidah buaya. Lidah buaya tumbuh dua hingga tiga kali per tahun. Pilih daun lidah buaya yang pertama tumbuh pada tahun tersebut.
  • Setelah mengumpulkan daunnya, kemudian lepas kulitnya. Gunakan pisau tajam untuk melakukan ini dan lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak gel di dalamnya.
  • Setelah melepas kulitnya, masukkan gel ke dalam wadah plastik. Wadah terbaik yang dapat digunakan adalah nampan es dengan beberapa bagian terpisah. Karena nampan es adalah sebuah cetakan, gel akan mudah terbentuk sesuai dengan ruang yang tersedia.
  • Bila sudah selesai, masukkan nampan es ke dalam freezer.
  • Dengan melakukan ini, anda bisa menyimpan gel lidah buaya itu selama yang anda inginkan.

Cara menggunakan gel lidah buaya

Selain menjaga agar gel lidah buaya tidak cepat rusak, membekukan lidah buaya juga memiliki manfaat lainnya. Setelah mengeras, anda akan lebih mudah menerapkannya langsung ke kulit anda, meskipun dalam beberapa menit es akan kembali menjadi gel lidah buaya.

Manfaat lidah buaya

Gel ini sangat dianjurkan untuk mengobati luka bakar ringan atau sengatan sinar matahari. Lidah buaya bisa digunakan sebagai krim pada luka. Tanaman ini membantu meringankan rasa sakit dan mencegah kemungkinan efek negatif dari luka bakar. Begini caranya:

  • Pertama, cuci area yang terluka.
  • Kemudian, oleskan dengan lembut gel lidah buaya.

Pengobatan ini juga dianjurkan untuk mengobati varises. Varises bisa menjadi radang akibat tekanan darah tinggi. Hal ini menciptakan penyumbatan yang meningkatkan tekanan darah anda. Tapi berkat efek analgesiknya, lidah buaya membantu mengurangi peradangan pada varises.

Menggunakan lidah buaya juga sangat dianjurkan untuk mengobati lecet, iritasi, atau jamur di kaki. Jika anda menggunakan gel ini untuk lecet di kaki, anda harus mengoleskannya sebelum tidur. Alasannya untuk mengurangi kontak kaki anda dengan benda atau permukaan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Krim Cukur Alami dan Murah

Manfaat membekukan lidah buaya tidak berhenti sampai disini. Es lidah buaya juga sangat efektif untuk mengobati masalah kulit lainnya seperti jerawat. Begini caranya:

  • Oleskan es lidah buaya pada wajah di pagi hari dan di malam hari.
  • Setelah 30 menit, bilas kulit wajah anda dengan air hangat.

Selain itu, gunakan juga masker wajah sebagai pelembab. Ada banyak resep alami yang menggunakan lidah buaya, dan salah satu cara terbaik adalah dengan membekukannya. Ini adalah solusi yang bagus dan bermanfaat. Cobalah!

Share is caring!