Manfaat Gelatin bagi Kesehatan dan Kecantikan

By - 18/05/2017

Manfaat Gelatin bagi Kesehatan dan Kecantikan – Gelatin adalah sesuatu yang biasanya kita konsumsi di dalam makanan tanpa kita ketahui, bukan makanan pokok tentunya. Tapi pada artikel ini kami ingin membicarakan manfaat gelatin untuk kesehatan anda.

manfaat gelatin bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu anda tahu

Image: inimakanansehat.blogspot.com

Anda mungkin tidak tahu kalau gelatin adalah salah satu bahan pokok pembuatan es krim, yogurt, permen, marshmallow, dan beberapa produk saus. Sedangkan untuk penggunaan lainnya, anda juga bisa menemukan gelatin di beberapa produk kosmetik dan farmasi.

Membantu usaha anda dalam menurunkan berat badan

Mengkonsumsi gelatin dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan tubuh anda. Pada saat yang sama, nutrisi dan asam amino pada gelatin mampu merangsang metabolisme tubuh.

Salah satu manfaat gelatin lainnya adalah kandungan serat dan proteinnya membantu anda menghilangkan keinginan makan permen. Ini menjadi baik karena anda hanya akan makan apa yang dibutuhkan tubuh anda.

Banyak ahli gizi merekomendasikan agar-agar sebagai pengganti permen. Jika anda ingin memberikan sedikit variasi, cobalah membuat bentuk agar-agar yang dapat meningkatkan selera anda.

Baca juga: 7 Tips Mengurangi Asupan Karbohidrat

Mempercepat penyembuhan luka

Seperti yang sudah kita ketahui, protein adalah bagian penting dari proses penyembuhan luka. Selain itu, ada asam amino yang dikenal sebagai glisin yang membantu untuk mengurangi peradangan.

Bila anda mengkonsumsi gelatin, tubuh anda akan mendapatkan dosis glisin dan protein yang baik, membantu meregenerasi kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Kuku, rambut, kulit, dan gigi menjadi lebih sehat

Sejatinya para wanita terus-menerus mencari cara untuk memiliki rambut, kulit, kuku, dan gigi yang lebih sehat. Banyak produk mengklaim memiliki keratin tingkat tinggi yang baik untuk kecantikan, namun sebagian besar harganya mahal.

Jika anda tidak memiliki banyak uang untuk membelinya, anda bisa memanfaat gelatin untuk menunjang kecantikan anda, karena gelatin juga mengandung keratin yang sangat tinggi.

Menyehatkan tulang dan persendian

Protein, selenium, fosfor, dan tembaga yang ditemukan di gelatin membantu tulang anda tetap kuat dan meningkatkan kepadatan mineral seluruh tulang tubuh.

Mencegah osteoporosis.

Di sisi lain, asam amino dalam gelatin mengurangi peradangan yang dapat mempengaruhi sendi. Gelatin juga berkontribusi menguatkan tulang rawan, tulang dan sendi anda. Mengkonsumsi gelatin menjadi sangat penting jika dokter memberi tahu bahwa tulang rawan anda sudah aus atau jika mulai terasa sakit.

Tidur menjadi lebih nyenyak

Glisin di dalam gelatin membuat siklus tidur menjadi lebih baik. Bahan kimia ini juga merangsang neurotransmitter dan enzim tertentu yang meningkatkan kualitas dan lamanya anda tidur. Cobalah sedikit agar-agar yang mengandung gelatin beberapa jam sebelum anda tidur.

Obat awet muda

Gelatin pada dasarnya adalah kolagen kering, salah satu elemen terpenting yang berhubungan dengan kesehatan kulit. Salah satu manfaat yang akan anda lihat setelah mengkonsumsi kolagen adalah sel dermal kulit akan meningkat elastisitasnya.

Bila anda menambah kadar kolagen tubuh anda, itu akan membuat kulit terlihat lebih kencang dan awet muda. Bukan berarti keriput akibat usia tua tidak akan pernah muncul, tapi akan memperlambat kemunculannya.

Melancarkan pencernaan

Secara alami gelatin terikat dengan air. Hal ini memudahkan tubuh menyerap serat yang terdapat di dalam gelatin. Jika anda terbiasa mengkonsumsi gelatin secara teratur, anda akan melihat adanya penurunan masalah seperti pencernaan sehingga dapat menyerap nutrisi makanan dengan baik.

Membantu mengatasi alergi

Banyak alergi yang berhubungan sistem pencernaan yang tidak dapat memproses zat-zat tertentu. Jadi, selain mengatasi masalah saluran pencernaan anda, salah satu manfaat gelatin juga dapat menyembuhkan masalah tertentu yang disebabkan oleh alergi.

Merangsang sistem kekebalan tubuh

Proline adalah asam amino lain yang anda dapatkan dari mengkonsumsi gelatin. Bahan kimia ini berhubungan dengan peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh dari berbagai jenis hewan dan juga penyakit pada manusia.

Ini berarti bahwa ketika Anda mengkonsumsi gelatin Anda akan memperbaiki kemampuan Anda untuk melawan infeksi dan penyakit.

Baca juga: 5 Jus Vegan Kaya akan Protein dan Serat

Tidak ada efek samping

Tidak ada efek samping negatif mengkonsumsi gelatin selain perut sedikit kembung dan sakit perut jika anda mengkonsumsi terlalu banyak (jarang terjadi).

Untuk alasan ini, gelatin bukanlah makanan yang harus anda hindari. Dan perlu dipertimbangkan banyaknnya manfaat dari mengkonsumsi gelatin. Anda bisa menikmati makanan ini dengan cara yang berbeda-beda: dalam bentuk yogurt, dari buah-buahan, atau sebagai makanan penutup.

Share is caring!