Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Soda

By - 16/03/2017

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Soda – Tentunya kita pernah mendengar bahwa soda (terutama Coca Cola) tidak baik untuk kesehatan. Namun, banyak orang menyukainya dan terus mengkonsumsinya meski ada peringatan bahaya kesehatan.

makanan-makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan atau dicampur dengan soda

Image: health.idntimes.com

Pada artikel ini, kami memasukkan alasan lain selain tidak meminum minuman ringan dalam jumlah banyak, yaitu makanan yang menjadi racun jika dikonsumsi bersamaan dengan soda.

Lalu, makanan apa saja yang tidak bisa dikonsumsi dengan soda?

Kita sering mengkonsumsi makanan yang bila dikombinasikan dengan makanan lain bisa menjadi racun atau berbahaya bagi tubuh tanpa disadari. Berikut beberapa makanan yang seharusnya tidak anda konsumsi bersamaan dengan minuman ringan ini:

Susu

Siapa yang sering minum susu dengan soda? Kami tidak hanya berbicara tentang mencampur kedua minuman ini di gelas yang sama atau meminumnya saat bersamaan. Makanan seperti kue yang mengandung campuran keduanya juga memberi efek yang tidak baik bagi tubuh. Bila makanan ini masuk ke perut kombinasi soda dan susu menghasilkan keasaman yang akan mengakibatkan kram perut, acid reflux atau gangguan pencernaan.

Kopi

Baik kopi ataupun soda memiliki kafein dosis tinggi dan oleh karena itu tidak dianjurkan untuk minum soda saat makan malam karena ini akan menyebabkan insomnia, mimpi buruk atau masalah tertidur.

Apalagi saat kedua minuman ini masuk ke perut, campuran keduanya akan menghasilkan semacam busa yang sangat asam. Anda akan selalu gelisah serta mengalami kram perut dan gangguan pencernaan.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Akut

Kue kering

Di acara-acara teman atau keluarga, beberapa orang biasanya makan kue kering. Jika meminum minuman ringan bersoda yang mengandung banyak gula bersamaan dengan kue kering, maka hasilnya adalah kenaikan kadar gula darah yang membahayakan dan bahkan bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Makanan pedas

Bahan pedas seperti bumbu cabai, jinten atau kari menambah rasa pedas pada makanan, namun saat mencapai masuk ke dalam tubuh, bahan-bahan ini secara otomatis menaikkan suhu tubuh (yang membuat kita ingin minum) dan jangan meminum minuman bersoda.

Minuman ringan ini diubah menjadi asam sulfat pada suhu tinggi. Jadi, jika kita berpikir meminum segelas soda akan memuaskan dahaga kita atau mengurangi panas di perut, maka kita salah. Meminum soda hanya akan membuat perut semakin asam.

Mint

Cobalah tes ini. Masukkan mint ke dalam gelas lalu tuangkan soda cola dan tunggu reaksinya. Anda akan melihat ada semacam letupan! Hal ini disebabkan oleh effervescent dalam permen dan gelembung pada soda.

Bayangkan apa yang terjadi di dalam tubuh kita saat kita mengkonsumsi keduanya secara bersamaan. Anda seharusnya tidak mencobanya karena anda akan merasakan rasa sakit yang tidak tertahankan dan reaksi internalnya membahayakan saluran pencernaan.

Baca juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

Apa gejala pada tubuh saat minum soda?

Minuman ini tidak baik untuk kesehatan entah kita mencampurnya dengan minuman lain atau tidak. Lalu, apa yang terjadi pada tubuh saat kita meminumnya?

Setelah 10 menit

Segelas soda mengandung 10 sendok makan gula. Hal ini membuat kita gelisah karena gula darah yang tidak seimbang.

Setelah 20 menit

Tingkat insulin dalam aliran darah meningkat dan hati harus bekerja keras untuk mengubah gula yang diterimanya dan ternyata pada akhirnya gula ini menjadi lemak.

Setelah 40 menit

Kafein mulai berpengaruh pada tubuh, pupil melebar dan tekanan darah meningkat. Kita tidak merasa lelah dan hati melepaskan gula ke dalam darah.

Setelah 45 menit

Tubuh meningkatkan produksi hormon yang disebut dopamin, yang bertanggung jawab untuk merangsang area yang berfungsi menciptakan kesenangan di otak. Itu sebabnya banyak orang sangat suka minum minuman ringan bersoda karena seperti obat bius yang dapat menimbulkan rasa bahagia.

Setelah 1 jam

Lebih banyak kalsium keluar melalui urin kita. Hal ini dapat menyebabkan osteoporosis, menyebabkan gigi kita rontok atau tulang kita menjadi lebih rapuh.

Efek diuretik yang diduga setelah minum minuman ini salah karena tidak menghilangkan limbah tubuh, melainkan menghilangkan nutrisi yang penting. Karena itu orang sering merasa lemas atau mudah tersinggung setelah minum soda.

Share is caring!