Gangguan Kesehatan Akibat Kecanduan Smartphone

By - 14/04/2017

Gangguan Kesehatan Akibat Kecanduan Smartphone – Munculnya teknologi baru dan canggih telah membawa dampak besar di seluruh dunia dan telah merevolusi cara kita hidup. Perangkat seperti smartphone yang selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari telah menjadi elemen penting untuk berkomunikasi, bekerja dan banyak aspek lainnya.

gangguan kesehatan akibat kecanduan menggunakan smartphone atau sindrom smartphone

Image: beritatrenz.com

Smartphone adalah salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan dengan perkiraan 4 miliar orang memiliki setidaknya satu smartphone. Di kantor, di rumah sakit, atau bahkan di pasar, kita selalu menjumpai perangkat serba guna ini.

Walaupun perangkat ini memberi kita akses ke ribuan aplikasi yang memudahkan kita, para ahli telah memperingatkan akan efek kesehatan negatif dari kecanduan menggunakan smartphone.

Konsekuensi penggunaan ponsel yang berlebihan dikenal sebagai “sindrom smartphone” yang menyebabkan sejumlah gangguan fisik dan psikologis. Banyak yang tidak menyadari mereka telah menderita kondisi tersebut, tidak menyadari masalah kesehatan mereka dapat dikaitkan dengan penggunaan perangkat mobile.

Lalu, masalah apa saja yang diakibatkan sindrom smartphone?

Masalah penglihatan

Salah satu bagian pertama yang akan terkena dampaknya adalah mata. Hal ini terjadi karena cahaya perangkat ini memancarkan cahaya yang dapat menurunkan kualitas mata. Apa yang membuatnya menjadi lebih buruk adalah smartphone seringkali berada dekat ke mata, membuat dampak dari cahaya smartphone semakin kuat.

Jika seseorang menghabiskan 72 jam tanpa henti di depan layar ponsel, ia akan menghancurkan 93% sel fotosensitif di retina. Dimana kebanyakan ahli setuju terlalu sering menatap layar smartphone membuat masalah di mata menjadi lebih serius.

Baca juga: 3 Cara Tidak Biasa untuk Melawan Insomnia

Sakit otot

Menggunakan smartphone selama beberapa jam tanpa memberi waktu istirahat bisa menyebabkan nyeri otot di daerah seperti punggung dan leher. Ahli fisioterapi yang telah mempelajari perilaku ini mengungkapkan bahwa orang yang terlalu sering membungkuk menatap layar smartphone postur tubuhnya dapat berubah. Mereka merekomendasikan duduk di kursi dengan menggunakan kedua tangan mengoperasikan perangkat smartphone di atas meja.

Gangguan psikologis

Ketika seseorang merasa tidak dapat kemana-mana tanpa memeriksa smartphonenya, maka ia cenderung mengalami gangguan psikologis yang cukup parah. Ketergantungan terhadap perangkat ini menciptakan peningkatan depresi, kecemasan, stres dan keadaan emosional negatif lainnya yang mempengaruhi kehidupan pribadi, sosial dan pekerjaan.

Salah satu faktor lain yang mempengaruhi psikologis ialah kurangnya interaksi dengan orang lain misalnya interaksi dengan teman dekat sehingga dapat menyebabkan kekhawatiran, kegelisahan, atau kecemburuan jika ada yang menyentuh smartphonenya.

Yang lebih parah perangkat ini menyebabkan banyak orang menjadi terisolasi secara sosial, dan hanya bertukar pikiran dengan orang-orang di dunia maya. Jika tidak hati-hati dalam menggunakan internet, pecandu smartphone akan mudah terpengaruhi oleh orang lain di dunia maya yang dapat membuatnya melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Kecanduan

Melanjutkan yang di atas, disarankan melakukan terapi psikologis untuk mengatasi ketergantungan terhadap smartphone. Kegelisahan yang terjadi bisa dibandingkan dengan pecandu narkoba dan beberapa pecandu telah mengungkapkan perasaan emosional yang hampa karena tidak memegang smartphone di tangan mereka dalam beberapa saat.

Sambungan ke internet, aplikasi pesan singkat, situs jejaring sosial adalah hal-hal yang paling sering dibuka lewat smartphone. Situasi ini sangat serius sehingga beberapa negara telah membuka pusat rehabilitasi bagi mereka yang tidak dapat hidup tanpa smartphone.

Baca juga: Berhenti Merokok dengan 4 Tips Mudah Ini

Sekarang setelah anda mengetahui efek negatif dari menggunakan smartphone secara berlebihan, sebaiknya anda mengambil langkah yang relevan untuk mengurangi waktu yang anda habiskan di depan smartphone setiap harinya. Tentu anda juga tidak ingin mengalami gangguan kesehatan di masa depan.

Share is caring!