Cara Sehat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

By - 28/02/2017

Cara Sehat Meningkatkan Metabolisme Tubuh – Metabolisme tubuh berfungsi untuk mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. Beberapa indikator seperti tingkat metabolisme (basal metabolic rate / BMR), dapat memberi tahu anda jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh sesuai dengan tingkat aktivitas yang anda lakukan.

cara mudah dan sehat menigkatkan metabolisme tubuh

Image: mediapress.rs

Apakah ada rahasia menurunkan berat badan dengan sedikit usaha? Salah satu caranya adalah dengan mempercepat metabolisme. Berikut beberapa cara mempercepat metabolisme tubuh anda.

Latihan aerobik

Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Aktivitas ini bisa termasuk jalan cepat, joging, berenang, atau olahraga lainnya. Latihan ini dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Aktivitas dinamis

Memiliki hobi yang melibatkan gerakan fisik akan membantu anda meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa kegiatan, seperti berkebun, naik tangga bukan lift, berdiri saat berbicara di telepon, adalah beberapa contoh aktivitas yang dinamis. Setiap hari, ada banyak hal kecil yang dapat dilakukan untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional

Ketahanan fisik

Latihan beban selama dua, tiga, atau empat jam seminggu dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Anda akan mulai merasakan efeknya setelah beberapa jam latihan.

Sarapan bergizi

Sarapan pagi mengaktifkan metabolisme tubuh saat mengawali hari. Tingkat metabolisme tubuh menurun di malam hari setelah anda tidak makan selama beberapa jam. Sel tubuh perlu diganti dengan makanan atau sel akan beradaptasi untuk bertahan hidup dengan mengambil cadangan makanan dari lemak.

Makan beberapa kali sehari

Meskipun sarapan adalah saat makan yang paling penting, tapi bukan satu-satunya makanan penting yang anda makan ada dalam sarapan. Metabolisme anda akan bekerja lebih baik jika mengkonsumsi makanan randah kalori setiap hari.

Anda perlu makanan dengan porsi lebih kecil setiap dua sampai empat jam sepanjang hari untuk membantu mengatur aliran darah dan merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja pada tingkat yang lebih tinggi. Saat anda melewatkan waktu makan, tingkat metabolisme tubuh turun untuk menghemat sisa energi yang anda miliki.

Pilihlah makanan sehat

Simpanlah makanan bergizi yang mencakup banyak serat dan sedikit gula untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Makanan dengan autrisi yang baik meliputi:

  • Biji-bijian
  • Ikan
  • Sayuran berdaun hijau
  • Blueberry
  • Tomat

Makanan pedas tertentu, seperti cabe rawit, juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Minum air putih

Minumlah air antara dua sampai dua setengah liter sehari. Air dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda. Air dingin jauh lebih baik karena menyebabkan tubuh anda membakar lebih banyak kalori karena tubuh akan secara spontan menghangatkan dirinya.

Cukup tidur

Bila tidak cukup tidur, anda mungkin akan merasa lapar bahkan saat masih kenyang. Kurang tidur dapat menyebabkan makan berlebih dan membahayakan terhadap kemampuan tubuh anda untuk membakar karbohidrat dengan efektif.

Konsekuensinya bisa menambah berat badan dan kesulitan membakar lemak. Menurut kebanyakan penelitian, orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai delapan jam tidur setiap malam.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Akut

Minyak kelapa

Zaman modern ini manfaat minyak kelapa menjadi lebih dikenal. Jika anda mengganti minyak goreng yang biasa dengan minyak kelapa, anda akan membantu tubuh membakar lemak lebih cepat.

Lemak dalam minyak kelapa mudah dicerna dan merangsang metabolisme tubuh untuk membakar kalori hingga tiga kali lebih banyak daripada minyak lainnya selama enam jam.

Tingkatkan asupan protein

Dengan sedikit meningkatkan jumlah protein yang anda konsumsi, tubuh anda lebih siap dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Kontribusi ekstra dari protein berkualitas tinggi juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Protein yang berkualitas memiliki kadar asam amino tinggi seperti daging dan ikan. Makanan berprotein tinggi merupakan pilihan yang sangat baik untuk diet apapun. Itulah sebabnya daging tanpa lemak dan telur merupakan sumber protein yang ampuh untuk mengaktifkan metabolisme tubuh.

Share is caring!