Cara Sehat Membakar Lemak di Tubuh

By - 28/05/2017

Cara Sehat Membakar Lemak di Tubuh – Menyingkirkan lemak yang ada di tubuh adalah impian bagi orang-orang yang mengalami masalah obesitas. Membakar lemak bukan hanya karena ingin terlihat cantik, tapi juga karena faktor kesehatan tubuh. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan penyakit berbahaya di tubuh yang tak terhitung jumlahnya.

cara tepat dan sehat membakar lemak di tubuh

Image: hellosehat.com

Namun, masalahnya ada pada metode yang anda gunakan untuk membakar lemak. Diet tidak sehat yang mengklaim dapat membantu anda membakar lemak dengan cepat bukanlah solusi yang bagus untuk anda. Itulah pada artikel ini kami ingin memberikan informasi yang anda butuhkan agar anda mengetahui tentang cara terbaik untuk membakar lemak.

Cara diet yang salah

Terkadang, kami juga terpengaruh dengan apa yang kami lihat di TV atau di majalah karena informasi tentang penurunan berat badan selalu muncul di media tersebut. Sayangnya, sebagian besar informasi itu tidak bekerja dengan baik atau sangat tidak sehat bagi tubuh anda.

Berikut ini adalah cara diet yang paling umum ditawarkan oleh pemasang iklan:

  • Pil untuk mempercepat metabolisme
  • Pakaian untuk membakar lemak
  • Obat mujarab membakar lemak
  • Membakar lemak dengan aliran listrik

Terlepas dari merek produknya, hal yang aneh adalah semua produk yang disebutkan memiliki satu karakteristik yang sama, anda dapat membakar lemak dengan mudah tanpa olahraga. Yakin tanpa olahraga?

Lalu, apa rahasia agar sukses membakar lemak?

Inilah pertanyaan yang banyak orang tanyakan. Jawabannya adalah mengenal tubuh anda sendiri, apakah tubuh anda menderita penyakit, usus tidak berfungsi dengan baik, dll. Langkah pertama untuk membakar lemak adalah mengetahui berapa persen lemak di dalam tubuh dan metabolisme tubuh anda.

Metabolisme

Langkah pertama untuk menurunkan berat badan ialah dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Inilah proses dimana nutrisi yang anda makan dalam makanan diubah menjadi energi. Energi ini diperlukan agar tubuh ataupun organ tubuh dapat menjalankan semua fungsinya.

Fungsi yang menonjol diantaranya:

  • Pernafasan
  • Sekresi
  • Pencernaan

Dan juga penting untuk diketahui kecepatan metabolisme setiap orang berbeda-beda. Proses ini bergantung pada tiga faktor fundamental. Faktor-faktornya:

  • Termogenesis olah raga: jumlah lemak yang terbakar tergantung pada banyaknya latihan yang dilakukan. Ini berbanding lurus dengan banyaknya latihan. Dengan kata lain, semakin banyak anda berolahraga, semakin banyak kalori yang akan anda bakar.
  • Efek thermogenik makanan: tubuh anda menggunakan energi untuk mengasimilasi nutrisi utama (protein, karbohidrat, dan lemak).
  • Metabolisme basal: jumlah energi yang dikonsumsi tubuh anda dalam kondisi normal (tanpa latihan fisik).

Baca juga: Cara Sehat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kalori

Kalori adalah sumber energi bagi tubuh. Kalori berasal dari makanan yang anda makan dan membantu menjaga semua fungsi tubuh, entah anda sedang aktif atau saat istirahat.

Kalori yang anda makan dalam makanan perlu anda kendalikan. Tujuannya agar bisa menurunkan berat badan dan membakar kelebihan lemak. Namun, mengontrol kalori harus dilakukan dengan hati-hati, karena jika caranya salah dapat menyebabkan masalah di tubuh anda.

Defisit kalori

Keadaan ini terjadi ketika tubuh membakar lebih banyak kalori daripada yang didapat dari makanan. Cara ini adalah rahasia sebenarnya untuk membakar lemak dengan baik. Jika anda memiliki jaringan lemak berlebih, ada baiknya anda membakar lebih banyak kalori daripada jumlah kalori yang anda makan setiap harinya. Ini akan membantu anda dalam menurunkan berat badan.

Bagaimana caranya agar defisit kalori?

Selain diet, untuk mencapai defisit kalori anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan berolahraga rutin setiap harinya. Anda harus melakukan proses pembakaran lemak selangkah demi selangkah karena jika pembakaran lemak dilakukan secara besar-besaran akan menimbulkan masalah pada tubuh anda.

Di sisi lain, faktor yang harus diperhatikan adalah makanan yang anda makan. Dalam kasus ini, jika anda memakan banyak makanan berkalori tinggi, anda juga harus membakar lebih banyak kalori dari makanan yang anda makan dan itu akan sangat melelahkan.

Untuk informasi lebih lanjut dalam menciptakan defisit kalori saat menurunkan berat badan, gunakan kalkulator kalori untuk mempermudah anda. Mencapai defisit kalori mungkin terdengar rumit pada awalnya, tapi buatlah diri anda terbiasa melakukannya.

Baca juga: Buah dan Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan

Saran

Yang terpenting adalah menemukan rutinitas latihan dan diet yang sesuai untuk anda. Namun, jika menginginkan informasi lebih lanjut, ada baiknya anda berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau ahli gizi.

Share is caring!