Cara Alami Menurunkan Panas Demam Anak

By - 14/05/2017

Cara Alami Menurunkan Panas Demam Anak – Banyak orang tua merasa khawatir memberikan obat kepada anak mereka saat demam. Jika anda juga begitu, mari kita lihat beberapa alternatif efektif dan alami untuk si kecil saat suhu badannya tinggi.

cara alami menurunkan demam anak tanpa obat

Image: kumpulanpenyakit.com

Tips untuk menurunkan panas demam

Jika anda atau anggota keluarga memiliki suhu yang lebih tinggi dari biasanya, anda cukup melakukan metode yang kami berikan di bawah ini:

  • Tempelkan kain atau handuk basah di pergelangan kaki. Ini adalah solusi yang sangat baik untuk menurunkan demam pada anak-anak. Cukup merendam kain hingga sedikit basah dan letakkan di atas area pergelangan kaki. Saat kain sudah terasa kering, ulangi kembali prosedurnya. Pastikan kain tidak sampai basah kuyup dengan memerasnya dengan baik. Metode ini dapat menenangkan anak-anak yang sakit demam.
  • Mandi dengan air hangat yang suhunya disesuaikan dengan suhu tubuh. Mandi selama beberapa menit, kurangi suhu perlahan sehingga perubahan suhunya tidak mengejutkan tubuh.
  • Minum air dalam jumlah banyak. Demam mirip dengan dehidrasi karena tubuh melawan organisme asing. Jadi minum air putih, teh herbal atau jus adalah ide yang bagus, apalagi jika demam disertai muntah dan diare. Banyaknya air yang diminum tergantung pada usia pasien (3 liter untuk pria dewasa, 2,2 liter untuk wanita dan 1,5 liter untuk anak-anak).
  • Kompres kepala dan leher menggunakan kain dingin atau basah. Saat kain mengering atau tidak lagi terasa dingin, ulangi kembali metode sesuai yang anda butuhkan.
  • Jangan makan terlalu banyak. Lebih baik mengkonsumsi cairan, seperti sup sayuran atau teh herbal. Dengan begitu, metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan lebih cepat sehingga lebih mudah sembuh. Jangan makan sampai kenyang, makanlah sedikit hanya pada saat anda lapar.

Baca juga: Cara Sehat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Obat buatan sendiri untuk menurunkan demam

Resep ini efektif untuk menurunkan demam dan sebaiknya berkonsultasi dengan ahli jika demam tidak turun (seperti dokter spesialis anak):

  • Teh kismis: masukkan 1 gelas kismis ke dalam 7 gelas air dan rebus dalam panci. Saat mulai mendidih, kurangi nyala api sampai cairan berkurang sepertiga. Matikan api, biarkan dingin dan minum setengah cangkir per hari.
  • Teh sage: Ramuan ini membuat anda berkeringat dan mengurangi demam. Isi cangkir dengan air mendidih dan tambahkan beberapa daun sage. Tutup dan biarkan terendam selama beberapa menit. Tambahkan madu, gula atau stevia, serta beberapa sendok makan jus lemon agar rasanya enak.
  • Teh selada: cara yang bagus untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi adalah dengan meminum teh selada. Sayuran ini mengandung banyak kalium, kalsium, magnesium, natrium dan fosfor yang dapat memberi makan tubuh saat anda tidak makan makanan seperti biasanya. Rebus satu liter air, tuangkan ke dalam wadah bersama dengan selada. Diamkan selama lima belas menit. Tambahkan pemanis yang anda sukai dan minum sebelum dingin.
  • Es krim. Ini adalah cara menurunkan demam yang disukai oleh anak-anak. Gula yang terkandung di dalam es krim bermanfaat untuk menurunkan demam, dan rasanya dingin. Es krim dapat mengurangi suhu dan menghidrasi tubuh, dan juga sebagai penurun demam yang baik.

Baca juga: Resiko Terlalu Sering Minum Antibiotik

Itulah beberapa cara menurunkan panas demam pada anak yang cukup efektif dan dapat anda lakukan di rumah. Kami juga menyarankan anda jangan sering menggunakan obat-obatan seperti antibiotik dalam mengatasi masalah kesehatan yang tidak terlalu serius.

Share is caring!