Berhenti Merokok dengan 4 Tips Mudah Ini

By - 12/02/2017

Berhenti Merokok dengan 4 Tips Mudah Ini – Berhenti merokok adalah proses yang sulit, dan setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Ada orang yang berhenti secara progresif, orang yang berhenti kemudian merokok lagi, dan orang yang berhenti tanpa pernah menyentuh rokok lagi.

Berhenti merokok bukan hal yang mudah dilakukan. Berhenti merokok lebih dari sekadar niat yang kuat. Kita perlu memiliki keinginan untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan mengikuti langkah-langkah spesifik untuk melakukan kebiasaan yang baik.

4 tips mudah berhenti merokok secara permanen

Image: galena.co.id

Kita juga harus mengandalkan dukungan dari lingkungan kita. Belajar mengendalikan penyebab kita merokok akan sangat membantu. Misalnya, wajib merokok setelah makan, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut terlebih dahulu.

Berhenti merokok tidak hanya memungkinkan kita memiliki kesehatan yang lebih baik, tapi juga membantu kita memperbaiki kualitas hidup dan menciptakan perasaan nyaman.

Saran untuk berhenti merokok

Ada beberapa hal yang harus kita ingat saat kita memutuskan untuk berhenti merokok. Salah satu hal yang perlu diingat adalah otak kita akan kehilangan dosis nikotinnya.

Dengan tidak adanya nikotin, tubuh kita akan mulai menimbulkan gejala sakaw nikotin. Semua perokok tahu betul bahwa saat yang paling kritis adalah saat mereka bangun pagi di pagi hari setelah tidak merokok selama 7 sampai 9 jam.

Perubahan fisiknya jelas: peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, kekeringan pada mulut, kegelisahan dan perut lapar.

Sehari setelah berhenti, kadar karbon monoksida dan nikotin di tubuh akan menurun. Saat itulah otak memerintahkan tubuh untuk mulai memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh tembakau di jantung dan paru-paru.

Anda akan mencatat perubahan yang nyata selama 3 minggu pertama. Tanpa diragukan lagi, inilah saat yang paling menyusahkan, dan sangat penting untuk berhati-hati terhadap makanan anda selama periode ini.

Mari kita lihat 4 tips untuk berhenti merokok:

1. Hindari kopi di pagi hari selama 1 bulan

Kafein merangsang keinginan untuk merokok. Kopi adalah perangsang alami yang mudah dihindari, setidaknya selama bulan-bulan pertama setelah berhenti merokok.

Berikut beberapa minuman terbaik untuk menggantikan kopi:

  • Teh kayu manis
  • Teh jahe

Minuman ini juga penting untuk meningkatkan asupan vitamin C anda, yang diperlukan untuk memurnikan kembali paru-paru.

Baca juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

2. Diet berdasarkan biji-bijian

Bila anda berhenti merokok, akan mengurangi kadar glukosa dalam darah anda. Jika anda melakukan kesalahan dengan memakan permen, anda bisa menciptakan keinginan yang lebih kuat untuk merokok. Itulah mengapa sangat penting mengonsumsi makanan sehat.

Anda tentu akan senang mengetahui bahwa diet berdasarkan biji-bijian akan memberi hasil yang bagus. Suasana hati akan menjadi lebih baik, merasa puas, dan yang terpenting, anda akan menyadari bahwa tubuh anda berhenti menderita hipoglikemia.

Berikut biji-bijian yang harus dimasukkan ke dalam makanan anda:

  • Gandum
  • Soba
  • Gandum hitam
  • Beras merah
  • Biji rami

3. Pilih makanan yang membuat anda rileks

Kelihatannya aneh, tapi ada makanan yang mampu menenangkan hati dan mengurangi gejala sakaw nikotin. Pakar nutrisi menyebutnya “makanan zen”. Mengonsumsi makanan ini adalah pilihan yang cerdas, karena memilih apa yang membuat suasana hati kita lebih tenang. Berikut daftar beberapa makanan zen:

  • Sup labu
  • Kalkun panggang dengan lemon
  • Ikan putih
  • Sayuran (brokoli, bawang mentah, lobak, wortel, daun bawang, paprika, seledri)
  • Kacang-kacangan
  • Pisang
  • Bawang putih
  • Ragi

4. Minum air hangat dengan madu

Ketika berhenti merokok, sangat penting minum banyak cairan untuk menghilangkan racun dan menjaga agar tetap terhidrasi. Ada beberapa resep buatan sendiri yang bagus dan layak dipertimbangkan.

Kami merekomendasikan resep yang sangat sederhana ini:

Minumlah secangkir air hangat dengan satu sendok makan madu. Ramuan ini sebagai antibakteri yang meningkatkan kekebalan tubuh, memberi energi, bagus untuk paru-paru anda. Minum ramuan ini dua kali sehari. Ini adalah trik sederhana yang tidak mengeluarkan biaya dan membuat anda merasa nyaman.

Sebagai kesimpulan, ingat bahwa saran ini hanya efektif jika anda konsisten dan ingat betapa pentingnya berhenti merokok.

Kami juga merekomendasikan untuk memulai olahraga atau hobi baru. Memiliki kesibukan baru seperti kursus, renang, atau kelas tari akan mengalihkan perhatian anda pada kebutuhan merokok.

Share is caring!