9 Cara Alami Merawat Kuku Luar Dalam

By - 20/06/2017

9 Cara Alami Merawat Kuku Luar Dalam – Jika anda ingin merawat kuku dengan cara alami, gunakan produk yang aman untuk kuku anda dan lindungi dari pengaruh lingkungan yang dapat merusaknya.

cara merawat kuku secara alami dari luar dan dari dalam

Image: anggun.id

Anda juga perlu berhati-hati saat makan. Kuku mencerminkan kesehatan anda secara keseluruhan dan tampilan visual kuku dapat menjadi indikasi kurangnya nutrisi tertentu di dalam tubuh.

Dalam artikel hari ini, kami telah mencari tahu bagaimana cara merawat kuku baik dari dalam maupun di luar sehingga selalu terlihat indah, kuat, dan sehat.

1. Pilih cat kuku yang tidak beracun

Cat kuku konvensional bisa saja mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan anda, misalnya mengandung senyawa berikut ini:

  • Toluena
  • Formaldehida
  • Dibutil phthalate
  • Kamper (kapur barus)
  • Tosilamida

Biasanya label dan komposisi cat kuku ini sangat kecil, sehingga sulit mengetahui senyawa-senyawa yang terdapat di dalamnya. Menghindari zat sintetis tidak hanya akan merawat kuku anda, tapi juga menjaga agar racun tidak masuk ke aliran darah yang berpotensi mempengaruhi fungsi organ tertentu.

2. Pembersih cat kuku bebas aseton

Tidak dianjurkan menggunakan pembersih cat kuku yang mengandung aseton karena akan membuat kuku kering dan kekuatannya berkurang. Itu sebabnya kami merekomendasikan penggunaan pembersih cat kuku bebas aseton, yang biasanya tardapat bahan lain seperti jus lemon.

3. Pakailah sarung tangan untuk melindungi kuku

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan buruk ketika melakukan pekerjaan di sekitar rumah tanpa melindungi tangan dan kuku mereka. Entah itu karena alasan malas atau terburu-buru, piring biasanya dicuci dengan tangan tanpa memakai sarung tangan, yang artinya kuku terkena langsung produk pembersih seperti pemutih atau deterjen.

Sebaiknya anda selalu memakai sarung tangan untuk menjaga tangan dan kuku anda, terutama saat bekerja di luar rumah atau bila bersentuhan dengan bahan-bahan kimia kuat.

4. Melembabkan tangan

Tidak cukup hanya menggunakan lotion untuk melembabkan tangan anda. Untuk merawat kuku, anda perlu menggunakan produk alami dengan kandungan minyak tinggi yang bisa anda terapkan setiap malam sebelum tidur.

Anda bisa memakai sarung tangan katun untuk menghindari minyak mengotori sprei anda dan membantu menyerap minyak dengan lebih baik. Sebaiknya gunakan bahan pelembab bergizi dan alami berikut ini:

  • Minyak jarak
  • Minyak alpukat
  • Minyak almond
  • Minyak biji gandum
  • Minyak bunga mawar
  • Mentega shea

Anda juga bisa menggabungkannya dan memilih campuran mana yang paling sesuai dengan kuku anda.

5. Cobalah pijat tangan

Lakukan juga pijat tangan saat anda mengoleskan lotion ke tangan, dengan begitu anda akan meningkatkan penyerapan lotion ke kulit anda. Cara seperti ini juga akan membuat anda merasa santai dan nyaman. Sebaiknya pijatan dilakukan oleh orang lain agar pijatan terfokus pada pergelangan tangan, telapak tangan, jari tangan, dan kuku anda.

6. Perbaiki sirkulasi darah anda

Orang yang memiliki gejala tangan dingin atau menderita sirkulasi darah yang buruk perlu merendam tangan mereka dengan air hangat yang disertai pijatan. Merendam tangan dengan air hangat ini berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah di pergelangan dan jari-jari tangan anda.

Baca juga: Tanda-Tanda Sirkulasi Darah Tidak Lancar

7. Lindungi tangan dari sinar matahari dan udara dingin

Untuk merawat kuku, anda perlu membiasakan diri memakai tabir surya untuk melindungi kuku dan tangan dari sinar matahari. Anda juga perlu melindungi tangan dan kuku anda dari suhu dingin dan udara dingin dengan memakai sarung tangan.

8. Makanlah makanan diet sehat

Makanan mempengaruhi penampilan anda. Karena itu, penting mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran untuk memastikan tubuh anda mendapatkan banyak vitamin dan mineral. Jus dan olahan buatan sendiri adalah salah satu cara yang baik untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari.

Baca juga: Buah dan Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan

9. Menggunakan suplemen

Merawat kuku rapuh atau lemah dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa suplemen alami yang mampu merawat kuku serta kulit dan rambut anda secara alami. Berikut beberapa suplemen bermanfaat untuk menyehatkan kuku:

  • Brewer yeast
  • Silikon organik cair
  • Spirulina
  • Minyak linen
  • Evening primrose oil
  • Biotin
Share is caring!