9 Cara Alami Mengobati Luka Memar

By - 30/04/2017

9 Cara Alami Mengobati Luka Memar – Selain memberi rasa sakit, luka memar pada bagian tubuh juga menyebabkan perubahan warna pada kulit. Jika anda salah satu orang yang mendapat luka memar di tubuh, baca terus untuk mengetahui beberapa cara alami mengobatinya.

cara alami mengobati atau mempercepat penyembuhan luka memar

Image: vickymoos.blogspot.com

Memar terjadi saat pembuluh darah kecil pecah

Beberapa gejala memar yang ditimbulkan adalah nyeri, pembengkakan, dan perubahan warna pada kulit. Area memar akan berubah warna dan menjadi sensitif terhadap sentuhan dan kemudian berubah menjadi biru. Proses penyembuhannya berubah menjadi hijau kekuningan hingga akhirnya kembali normal.

Luka memar biasanya muncul akibat dari pukulan, jatuh, atau cedera olahraga. Tergantung dari seberapa serius anda cedera, memar biasanya terjadi di area di bawah kulit, tapi ada juga yang mencapai otot atau bahkan tulang. Memar yang mencapai tulang adalah yang paling menyakitkan dan memerlukan waktu lebih lama dalam penyembuhannya.

Seperti yang kami katakan di atas, ada cara alami untuk membantu mempercepat penyembuhan luka memar. Berikut cara-caranya!

1. Es

Salah satu solusi alami tercepat dan termurah untuk mengobati luka memar adalah es. Memberi es adalah hal pertama yang harus anda lakukan setelah cedera, karena membantu mengurangi peradangan dengan cara membekukan pembuluh darah yang pecah. Es dapat mengurangi rasa sakit dan membantu mengurangi timbulnya memar yang lebih besar.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu pilihan terbaik dan paling banyak manfaatnya untuk kulit. Gel pada lidah buaya adalah larutan anti-inflamasi dan meregenerasi jaringan.

Oleskan beberapa gel lidah buaya beku ke luka memar atau tempelkan beberapa gel ke area yang cedera. Pijat lembut sampai terserap dan ulangi sedikitnya tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Manfaat Membekukan Gel Lidah Buaya

3. Arnica

Arnica adalah salah satu tanaman paling efektif untuk mengobati luka memar, karena dapat mengurangi peradangan dan membantu meredakan rasa sakit. Oleskan secara tipis salep arnica ke area memar beberapa kali sehari.

4. Peterseli

Peterseli juga merupakan obat yang berguna meredakan luka memar. Ini adalah obat penghilang rasa sakit dan antiinflamasi yang membantu mempercepat proses penyembuhan. Haluskan peterseli segar dan oleskan ke area memar selama lima menit. Ulangi empat kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antioksidan yang baik. Untuk penggunaannya, oleskan sedikit bawang putih yang sudah di blender ke area memar, ini membantu tumbuhnya jaringan yang rusak lebih cepat. Selain itu, membantu merangsang sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit, terutama jika dikonsumsi mentah-mentah.

6. Bawang bombay

Bawang kaya akan allinase yang membuat aliran darah lebih stabil. Dengan cara ini, darah tidak menumpuk dan terbentuk memar. Itu sebabnya penting mengoleskan irisan bawang yang baru dipotong ke daerah yang cedera sesegera mungkin. Namun, jika memar sudah muncul, bawang akan membantu menghilangkan memar lebih cepat.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan alternatif lain untuk merangsang sirkulasi darah di daerah yang memar. Tempelkan sepotong kasa atau kain yang dibasahi dengan cuka sari apel ke daerah memar kemudian pijat lembut selama beberapa menit. Untuk hasil terbaik, ulangi perawatannya tiga kali sehari.

8. Kentang

Kentang memiliki enzim katalase yang membantu menjaga sel tetap sehat. Potong kentang menjadi dua bagian dan gosok potongan kentang ke luka memar untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Lalu diamkan setidaknya selama lima menit dan ulangi tiga atau empat kali sehari.

Baca juga: Mencegah Kulit Kering dengan 4 Cara Ini

9. Garam

Garam mampu menyerap cairan intraselular bila diterapkan secara langsung. Hal ini akan mengurangi peradangan dan nyeri. Yang harus anda lakukan hanyalah menempelkan garam pada luka memar dan diamkan selama beberapa menit. Anda akan melihat perbedaannya dengan cepat.

Share is caring!