8 Tips Agar Tetap Sehat Setelah Sembuh dari Kanker

By - 08/02/2017

8 Tips Agar Tetap Sehat Setelah Sembuh dari Kanker – Kanker adalah penyakit yang mematikan, saat ini belum ada cara yang benar-benar manjur untuk mengobatinya. Diagnosis dan perawatan bisa menjadi hal yang menakutkan dan menguras tenaga, bahkan setelah anda melewati masa tersebut, anda harus belajar bagaimana menjalani hidup setelah sembuh dari kanker. Dengan pengobatan modern, jutaan orang yang selamat tidak hanya hidup lebih lama, tapi juga belajar untuk hidup lebih baik. Dan jalan terbaik ialah dengan menerapkan pola hidup sehat.

agar tetap sehat setelah sembuh dari kanker

Image: vemale.com

Ke delapan cara ini bisa menjadi panduan anda dalam menjaga kesehatan setelah sembuh dari kanker. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Entah anda baru saja didiagnosis, sedang menjalani perawatan atau pasca perawatan, ke delapan perilaku ini dapat membantu meningkatkan kesehatan anda.

Dokter dapat membantu membimbing anda, tapi satu-satunya masalah adalah saat anda ingin memulainya. Mulailah dengan satu atau dua saran di bawah ini, begitu anda sudah terbiasa, beralihlah ke saran yang lain.

1. Jangan merokok

Larangan ini pasti anda pernah dengar sebelumnya. Hal terbaik yang bisa anda lakukan sebagai seorang yang pernah menderita kanker adalah berhenti merokok.

Ini dapat menurunkan risiko terkena kanker untuk kedua kalinya sekaligus penyakit jantung dan stroke. Memang sulit, tapi bukanlah sesuatu yang tidak mungkin.

2. Hindari asap rokok

Jika anda perokok ataupun tidak merokok, jauhi asap rokok. Ini sama buruknya dengan kebiasaan merokok. Menghabiskan waktu di tempat yang dipenuhi asap rokok dapat meningkatkan risiko kanker dan juga penyakit jantung.

Baca juga: 8 Cara Mudah Turunkan Risiko Kanker Payudara

3. Berolahraga secara teratur

Bagi banyak orang sulit untuk menyesuaikan diri dengan jadwal mereka. Bagi mantan penderita yang rutinitas rutinnya terganggu dan yang baru menjalani perawatan, bisa menjadi lebih sulit lagi dalam mengatur jadwal. Tapi manfaat olahraga rutin sepadan dengan hasil yang didapatkan, bahkan bagi mereka yang sedang dalam perawatan. Tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan tapi juga memperbaiki mood dan membantu mengatasi kelelahan dalam melawan kanker. Olahraga teratur dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis lainnya.

Cobalah untuk melakukan aktivitas aerobik minimal 30 menit (seperti jalan cepat) setiap hari. Lebih lama lebih baik lagi. Penting juga melakukan latihan angkat berat 2 kali dalam seminggu.

4. Pertahankan berat badan sehat

Dengan stres, efek samping pengobatan dan perubahan pada rutinitas hidup saat perawatan, sulit bagi orang yang selamat dapat tetap memerhatikan berat badan mereka. Berat badan yang sehat merupakan hal penting yang harus dipertahankan oleh mantan penderita kanker. Di samping tidak merokok, ini adalah hal terpenting yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup anda.

5. Makanlah makanan diet sehat

Sebagai mantan penderita kanker, bisa jadi sulit dalam memilih makanan yang tepat. Makanan diet sehat dapat membantu menjaga berat badan anda, memberi nutrisi pada tubuh dan memberi energi yang anda butuhkan. Anda harus banyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dan konsumsi daging merah dalam jumlah yang rendah.

6. Tetap terhubung dengan teman dan keluarga

Menjaga dan membangun jaringan sosial secara signifikan dapat meningkatkan kualitas hidup dan bahkan mungkin psikologis pada penderita kanker yang selamat. Dukungan dari teman, keluarga dan bahkan sesama penderita kanker sangat memberi dampak positif untuk menjalankan hidup setelah sembuh dari kanker

7. Lakukan tes deteksi kanker

Sebagai seorang yang selamat dari kanker, tidak ada yang lebih penting daripada melakukan pemeriksaan rutin pasca-perawatan dengan dokter. Kunjungan ini tidak hanya menjadi kunci bagi kesehatan, namun juga merupakan tempat yang bagus untuk berbagi cerita atau pertanyaan tentang kesehatan anda. Jadilah sebuah tim dengan dokter dalam mengembalikan kesehatan anda. Selain tes lanjutan yang spesifik untuk kanker, penting juga untuk terus mendapatkan tes skrining yang direkomendasikan untuk kanker lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan risiko osteoporosis.

Share is caring!