8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional

By - 14/02/2017

8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional – Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang beberapa manfaat yang dimiliki latihan kuno ini untuk tubuh. Terutama efeknya pada otot, sendi, dan jantung. Namun, kami tidak banyak mendengar tentang manfaat psikologis dari latihan ini.

beberapa manfaat yoga bagi kesehatan emosional

Image: idpelago.com

Karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberi tahu beberapa manfaat kesehatan emosional dari yoga.

Yoga dan kesehatan emosional

Manfaat utama yoga dapat dirangkum dalam tiga kelompok, manfaat untuk tubuh, jiwa, dan semangat. Tanpa diragukan lagi, seni kuno ini dapat meningkatkan kualitas hidup anda. Lagipula, latihan ini mencakup pose, nyanyian, latihan pernapasan, dan meditasi.

Bagi banyak orang, yoga adalah cara hidup. Ini adalah cara untuk menemukan kesejahteraan dan kedamaian batin. Yoga menyiratkan melihat ke dalam batin, melepaskan diri dari segala sesuatu yang mengelilingi dan pencarian makna hidup.

Yoga memadukan pernapasan dengan gerakan. Latihan ini mengubah anda dengan cara yang positif. Yoga juga digunakan sebagai obat pencegahan, penyembuhan, dan rehabilitasi. Hal ini karena yoga mampu merangsang berbagai fungsi tubuh anda. Diantaranya merangsang aliran darah, oksigenasi sel, dan pengangkutan energi.

Semua manfaat latihan ini berhubungan dengan kesehatan mental dan emosional yang lebih baik. Yoga tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk jiwa anda.

Manfaat yoga bagi kesehatan emosional

Jika anda sedang mencari aktivitas yang memberi banyak manfaat psikologis, jangan ragu untuk mencoba yoga. Berikut manfaat kesehatan emosional utama dari latihan kuno ini:

1. Memberi kedamaian dan ketenangan

Kehidupan di kota-kota saat ini mengubah orang menjadi makhluk yang gugup, cemas, dan mudah tersinggung. Saat anda melakukan yoga, latihan pernapasan membantu menenangkan suasana hati anda. Yoga membantu anda melihat sesuatu masalah dari sudut pandang lain.

Anda dapat memperbaiki mood anda. Plus, anda akan melihat hal-hal yang mengelilingi anda lebih baik. Kemudian, anda merasa lebih damai dengan lingkungan sekitar anda.

Dengan melakukan pernapasan yang benar, anda dapat menyingkirkan perasaan marah, stres, dan kegelisahan. Pada akhirnya, latihan ini menghilangkan semua perasaan yang membuat anda merasa tidak enak.

2. Mengurangi stres

Dengan berlatih teknik kuno ini, anda dapat mengurangi kadar kortisol anda. Ini adalah hormon yang menyebabkan stres. Ketika memiliki tingkat stres yang tinggi, itu buruk bagi kesehatan anda. Perlu mengatur energi dalam situasi stres.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Tidak banyak orang yang bisa mengatakan “Saya percaya pada diri sendiri” atau “Saya percaya pada kemampuan saya”.

Berkat yoga, anda dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mengenal diri sendiri tanpa mengkritik diri sendiri. Anda juga bisa menyingkirkan pikiran negatif yang membatasi anda dan mengisi pikiran dengan gagasan positif.

Latihan ini adalah kegiatan yang baik untuk melihat semuanya dengan lebih jelas. Ini juga meningkatkan energi anda. Melakukan yoga bahkan dapat meningkatkan kepercayaan diri terhadap kemampuan anda dalam membuat keputusan.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab terhadap siklus tidur. Sementara itu, neurotransmiter yang disebut serotonin memiliki tugas mengatur mood dan nafsu makan. Keduanya menjadi seimbang saat anda melakukan yoga. Akibatnya, anda bisa tidur nyenyak setiap malam.

Jika anda memiliki insomnia, mimpi buruk, atau sulit tidur, tidak ada yang lebih baik untuk mengobatinya selain melakukan yoga. Pada malam hari, anda akan memiliki kuaitas tidur yang baik. Di pagi hari, anda akan benar-benar merasa segar.

5. Meningkatkan kemampuan intelektual

Praktek doktrin oriental ini meningkatkan kemampuan anda dalam berpendapat, membuat keputusan, dan berpikir jernih. Selain itu, latihan ini bisa meningkatkan konsentrasi anda. Ini berkat melakukan pose tenang dengan pernapasan.

Manfaat itu bisa diaplikasikan ke dalam kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam pekerjaan, belajar, dan lain-lain. Yoga membantu menghindari gangguan ingatan dan memiliki ingatan yang lebih baik.

6. Meningkatkan mood

Masalah sehari-hari seperti tagihan, macet dan jam kerja tambahan pasti membuat mood anda jatuh. Kehidupan modern yang super sibuk membuat anda menjadi orang yang tidak bahagia dan pemarah.

Dengan melakukan yoga akan meningkatkan kadar serotonin anda. Ini membantu anda mencegah terjadinya depresi, kegelisahan, dan kemarahan.

7. Membuat hubungan dengan orang lain menjadi lebih baik

Keseimbangan pikiran dan tubuh adalah hal yang baik. Jika anda bisa bergaul baik dengan orang lain, anda bisa mengurangi masalah anda dan jadilah lebih bahagia.

Di sisi lain, jika anda tidak memaafkan diri sendiri, carilah semua kesalahan anda dan bandingkan diri anda dengan orang lain, satu-satunya yang akan anda dapatkan adalah masalah anda tidak lebih besar dari masalah orang lain. Jadi, banyak-banyaklah bersyukur dan selalu berpikiran positif setiap saat.

Yoga juga dapat membantu orang untuk:

  • Menghilangkan ketergantungan terhadap tembakau
  • Berhenti minum alkohol
  • Tidak makan sebanyak
  • Mencapai tujuan mereka
  • Mencari hal yang baik dalam hidup
  • Menjadi diri mereka sendiri

8. Membantu mencegah penyakit neurodegenerative

Meditasi pada yoga dapat meningkatkan ukuran struktur yang disebut telomer. Bila struktur ini kecil dapat menyebabkan penuaan dini, beberapa penyakit tertentu dan kematian dini.

Dengan hanya 15 menit melakukan yoga per hari, anda akan membuat struktur ini tumbuh lebih besar. Akibatnya, anda bisa mencegah penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

Share is caring!