8 Faktor yang Menyebabkan Dietmu Gagal

By - 18/02/2017

8 Faktor yang Menyebabkan Dietmu Gagal – Banyak orang mencari cara untuk menurunkan berat badan mereka. Diet tidak hanya tentang tampilan fisik, tapi juga karena orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mereka.

faktor yang menyebabkan diet gagal

Image: kabarrakyat.co

Tentu anda juga sepaham dan sudah terbukti jika makan teratur dan melakukan latihan rutin sangat baik bagi kesehatan. Namun, bukan cuma itu yang perlu anda perhatikan dalam program diet anda. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi penurunan berat badan atau penambahan berat badan.

Faktor ini menjelaskan mengapa beberapa orang tidak berhasil mencapai berat badan ideal mereka meski mengikuti diet sehat dengan kontrol kalori yang ketat. Berikut delapan faktor yang membuat anda gagal diet:

1. Lupa minum air putih

Mayoritas ahli gizi merekomendasikan minum 6 sampai 8 gelas air sehari sebagai pelengkap diet sehat. Cairan berharga ini sangat penting untuk melembabkan tubuh dan membantu organ yang paling penting berfungsi dengan baik. Konsumsi air sehari-hari mendukung sistem detoksifikasi dan membantu mengendalikan keinginan untuk makan.

2. Hanya melakukan kardio

Memang benar latihan kardiovaskular sangat baik bagi orang yang ingin membakar lemak dengan cepat. Namun, hanya melakukan latihan ini saja sebenarnya dapat menghambat dalam menurunkan berat badan anda.

Pelatih profesional menyarankan kombinasikan kardio dengan latihan lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.

3. Porsi makanan terlalu besar

Sangat penting untuk mengetahui jumlah kalori yang anda masukkan ke dalam tubuh anda, karena itu makan terlalu banyak juga bisa menambah berat badan. Kacang-kacangan, minyak zaitun, dan coklat adalah beberapa contoh makanan sehat yang harus dimakan dalam porsi kecil.

4. Kurang tidur

Orang yang mengalami kesulitan tidur restoratif cenderung berat badan mereka bertambah lebih mudah daripada mereka yang dapat tidur dengan nyenyak. Gangguan tidur mempengaruhi ritme metabolisme dan aktivitas hormon yang menimbulkan rasa lapar seperti leptin dan ghrelin.

Leptin bertanggung jawab mengirim sinyal ke otak menyuruh anda berhenti makan, sementara ghrelin merangsang rasa lapar.

Mereka yang menderita insomnia atau susah tidur memiliki kadar leptin rendah dan peningkatan jumlah ghrelin. Ini berarti mereka cenderung makan lebih banyak, dan berat badan mereka lebih tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan mengikuti pola tidur dengan setidaknya 8 jam istirahat tanpa terputus.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Akut

5. Duduk di tempat kerja sepanjang hari

Gaya hidup dan teknologi yang ada saat ini telah membuat banyak orang duduk sepanjang hari. Harus bekerja berjam-jam pada suatu waktu di depan komputer atau bermain gadget telah membuat anda hanya duduk sepanjang hari.

Agar tidak menimbulkan masalah metabolisme dan masalah berat badan, penting beristirahat beberapa hari atau jika mnungkin lakukan jalan cepat atau olahraga lainnya.

6. Memiliki masalah hormonal

Masalah hormonal adalah salah satu rintangan yang paling umum terjadi dalam menurunkan berat badan. Sementara banyak yang tidak memperhatikannya, ada hormon yang mempengaruhi aktivitas metabolik dan proses lainnya dalam menjaga berat badan yang sehat.

Masalah hormonal seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik, dan resistensi insulin membuat anda sulit menurunkan berat badan anda.

Sangat penting menemui dokter tentang masalah ini, karena masalah ini cenderung memerlukan perawatan dan pemantauan untuk mengatasi gejalanya. Jika pernah didiagnosis, sebaiknya perbaiki kebiasaan makan anda dan perhatikan asupan kalori anda.

7. Selalu stres

Gaya hidup yang selalu stres juga membuat anda sulit menurunkan berat badan. Stres dapat meningkatkan kadar hormon yang disebut kortisol, selain mempengaruhi kesehatan emosional dan meningkatkan nafsu makan, stres merangsang anda untuk mengkonsumsi lebih banyak kalori.

Baca juga: 8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional

8. Minum minuman mengandung banyak gula

Soda dan minuman ringan yang anda beli di toko tidak dapat menggantikan manfaat air putih dan jus segar, karena minuman tersebut tidak memiliki nutrisi dan mengandung terlalu banyak gula. Kebanyakan orang yang meminumnya mengabaikan kadar gulanya, mungkin karena minuman ini tidak menghidrasi tubuh dan tidak tinggi kalori.

Jadi, ada banyak hal yang bisa menghambat anda untuk mencapai berat badan yang stabil dan sehat. Cobalah untuk mengidentifikasi langkah yang perlu anda ambil dan perlu diingat bahwa selain menghindari faktor-faktor di atas, anda juga harus melakukan diet sehat dan latihan rutin.

Share is caring!