8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Akut

By - 26/02/2017

8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Akut – Tidur yang berkualitas adalah kebutuhan biologis. Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan kognitif anda, dan bila tidur anda tidak berkualitas bisa menyebabkan berbagai gangguan yang berbahaya.

cara ampuh mengatasi insomnia akut atau susah tidur akut

Image: caramenyembuhkaninsomnia.com

Selama periode istirahat ini, tubuh mengumpulkan energi dan melakukan tugas tertentu sehingga kita dapat beraktivitas sepanjang hari. Tidur membantu menyeimbangkan semua sistem tubuh dan juga meningkatkan tingkat konsentrasi serta kinerja mental dalam aktivitas sehari-hari.

Masalahnya banyak orang di zaman modern ini sulit mendapatkan tidur nyenyak karena gaya hidup dan teknologi modern yang mengganggu siklus tidur mereka. Hal ini dapat tercermin dalam perubahan mood mendadak dan respons lainnya yang mempengaruhi kualitas hidup sedikit demi sedikit.

Untungnya, ada beberapa metode terhadap susah tidur atau iasa disebut insomnia ini yang bila diaplikasikan secara teratur dapat mengatasi kesulitan tidur dan mencapai istirahat yang optimal.

Dalam artikel ini, kami ingin berbagi delapan cara paling efektif agar mudah tertidur.

1. Makan malam yang ringan

Makan malam ringan dua atau tiga jam sebelum tidur adalah kunci mendapatkan tidur nyenyak. Sebaliknya, mengonsumsi terlalu banyak makanan asam menimbulkan gangguan pencernaan, yang menjadi kendala bagi istirahat anda. Tidur tanpa makan malam juga bukan solusi yang baik karena perasaan lapar bisa menyerang pada malam hari.

Baca juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

2. Hanya menggunakan tempat tidur sebagai tempat beristirahat

Hubungan batin tempat tidur anda dengan keinginan untuk tidur akan membantu anda beristirahat dengan baik segera setelah waktunya tiba. Itulah mengapa penting menghindari penggunaan kamar tidur untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan atau kegiatan lainnya.

3. Ciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur

Suasana di kamar tidur sangat berperan penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Memiliki tempat tidur yang nyaman, menggunakan bantal yang tepat, dan menghindari sumber cahaya akan membantu anda untuk beristirahat.

Selain itu, merupakan ide bagus untuk menjaga kamar tetap harum, atau menghindari faktor lain yang dapat membuat anda tidak rileks.

4. Atur waktu tidur

Memiliki jadwal tetap saat tidur dan bangun adalah kebiasaan yang baik untuk mengatasi masalah tidur. Tubuh secara spontan akan mengikuti jadwal tidur yang sudah anda biasakan. Untuk hasil terbaik, ada baiknya anda tidur tanpa hal-hal yang mengganggu kualitas tidur seperti TV atau ponsel.

5. Hindari tidur siang yang terlalu lama

Tidur terlalu lama di siang hari bisa menjadi masalah saat harus beristirahat di malam hari. Tidak apa-apa tidur di siang hari, tapi hati-hati jangan sampai lebih dari 20 menit.

6. Jangan mengkonsumsi stimulan

Merokok, minum minuman beralkohol, dan minum kopi memberi tubuh berbagai macam stimulan yang akan membuat otak anda gelisah. Stimulan ini membuat anda tidak bisa tidur nyenyak, karena otak tetap aktif dan tidak akan menerima sinyal yang memberitahukannya untuk beristirahat.

Baca juga: Berhenti Merokok dengan 4 Tips Mudah Ini

7. Hindari olahraga dengan intensitas tinggi di malam hari

Mendapatkan latihan fisik berintensitas tinggi memiliki banyak manfaat bagi berat badan dan kesehatan tubuh. Namun, bukan ide bagus bila melakukannya di malam hari.

Energi yang anda keluarkan, dikombinasikan dengan stimulus di otak, membuat anda sulit tidur disaat harus tidur pada waktu yang tepat. Sebaiknya berolahraga di lain waktu pada siang hari atau setidaknya lima jam sebelum tidur.

8. Cobalah pengobatan alami

Pengobatan yang kaya tryptophan, asam amino esensial, dapat meningkatkan produksi melatonin dan melawan insomnia, serta gangguan tidur lainnya. Senyawa ini memberi efek sedatif pada tingkat mental dan fisik sambil mendukung relaksasi tubuh sehingga anda dapat beristirahat tanpa kesulitan.

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi insomnia:

  • Teh kulit pisang
  • Susu hangat
  • Teh valerian
  • Kacang-kacangan
  • Madu
  • Teh chamomile

Apakah kamu masih mengalami kesulitan tidur? Cobalah mempraktikkan semua rekomendasi di atas setiap hari dan dalam waktu singkat anda akan merasakan perubahan terhadap kualitas tidur anda.

Share is caring!