7 Tips Mengurangi Asupan Karbohidrat

By - 18/04/2017

7 Tips Mengurangi Asupan Karbohidrat – Ada banyak karbohidrat dalam makanan yang kita makan setiap hari. Mungkin inilah salah satu alasan kita selalu gagal menurunkan berat badan. Meskipun karbohidrat memberi kita nutrisi dan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tapi kelebihan karbohidrat juga bukanlah hal yang baik.

tips mudah mengurangi asupan karbohidrat

Image: tabloidnyata.com

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi konsumsi karbohidrat setiap harinya.

Apakah karbohidrat buruk bagi kesehatan?

Pertanyaan ini sangat umum ditanyakan, terutama bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Saat ini yang sedang populer dilakukan ialah diet rendah karbohidrat. Seperti namanya, diet ini dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat seminimal mungkin. Dasar dilakukannya diet semacam ini adalah “karbohidrat sebagai alasan berat badan bertambah”.

Namun, kita tidak bisa menghilangkan karbohidrat sepenuhnya dari menu makanan sehari-hari karena karbohidrat memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh.

Misalnya, karbohidrat adalah sumber utama glukosa dalam darah. Ini berarti karbohidrat menyuplai “bahan bakar” ke sel-sel tubuh. Plus, karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan otak dalam menjalankan fungsinya.

Jenis-jenis karbohidrat

Pada dasarnya ada dua jenis karbohidrat:

  • Karbohidrat sederhana yaitu gula.
  • Karbohidrat kompleks yaitu pati dan serat.

Tapi, setelah makanan yang dikonsumsi manusia telah mengalami banyak proses, muncul karbohidrat jenis baru yang kami sebut karbohidrat halus. Karbohidrat halus ini hadir dalam produk yang sering kita temukan di toko seperti biskuit, pasta, kue kering, sereal, dll.

Karena tidak memiliki serat, karbohidrat ini cepat terserap dan mengganggu kadar glukosa di tubuh. Karbohidrat jenis ini bahkan menambah lemak di tubuh anda (terutama di bagian perut).

Masalah lainnya dari karbohidrat halus adalah orang menjadi cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan meninggalkan makanan alami. Mengurangi asupan karbohidrat halus bisa menurunkan berat badan dan mencegah banyak penyakit.

Baca juga: 6 Alasan Perlunya Makan Pisang Setiap Hari

Tips mengkonsumsi lebih sedikit karbohidrat

Penting untuk mendidik diri sendiri menghindari asupan karbohidrat yang berlebihan dan kemudian menentukan bagaimana cara menguranginya dari menu makanan anda. Untuk melakukannya, kami memiliki beberapa tips yang bisa membantu anda.

1. Hindari minuman banyak gula

Percaya atau tidak, minuman berenergi sama sekali tidak sehat. Ini karena minuman berenergi memiliki kandungan sirup jagung dalam jumlah besar serta banyak mengandung gula. Hal ini menyebabkan obesitas dan resistensi terhadap insulin. Jadi, pilihlah minuman berupa jus bahan alami atau teh herbal.

2. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Sering kali, orang makan kue, roti, atau keripik karena mereka memiliki keinginan tapi tidak nafsu makan. Ini bisa diatasi. Misalnya, Anda bisa berhenti membeli makanan-makanan tertentu yang menggoda nafsu makan anda.

Makanlah sayur-sayuran seperti tangkai seledri atau wortel mentah. Dengan mengunyah sayuran ini, anda akan mengurangi hasrat akan makanan-makanan yang manis dan berkarbohidrat tinggi.

3. Kurangi jumlah nasi yang dimakan

Kita terbiasa makan nasi setiap hari sebagai makanan pokok. Namun, sepiring nasi terdapat terlalu banyak karbohidrat sederhana dan inilah salah satu penyebab utama berat badan naik. Masukkan biji-bijian ke dalam menu makanan sehari-hari seperti gandum. Meskipun gandum juga memberi anda karbohidrat, tapi gandum mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

4. Berbelanja saat perut masih kenyang

Ide bagus untuk merawat tubuh dan dompet anda adalah berbelanja setelah makan. Bila lapar, otak anda tidak dapat membuat keputusan yang baik. Segala sesuatu yang dilihat bisa menggoda selera makan anda.

Karena itu, kami sarankan agar anda tidak pergi ke restoran dengan perut yang benar-benar kosong. Nafsu makan yang memuncak akan membuat anda memilih makanan olahan, berlemak, bergula yang tidak sehat. Jadi, makan dulu lalu pergi berbelanja.

5. Pilih makanan ringan yang sedikit karbohidrat

Di pagi hari, sore hari, atau sebelum makan malam, tidak apa-apa makan makanan ringan. Ini dapat mengurangi nafsu makan saat makan. Plus, makanan ringan cepat dan mudah disiapkan. Namun, anda harus memilih makanan ringan yang sehat.

Makanan ringan yang tidak sehat yaitu kentang goreng, biskuit, atau permen. Kami menyarankan makanan ringan anda berupa kasang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, hazelnut, atau kenari.

Meskipun kacang-kacangan memiliki banyak kalori, tapi jika tidak dikonsumsi berlebihan maka tidak akan menyebabkan masalah di kemudian hari. Kabar baiknya adalah kacang-kacangan dapat memuaskan nafsu makan dan mengurangi hasrat anda dalam mengkonsumsi karbohidrat.

6. Jangan tertipu dengan makanan ringan yang ada di pasaran

Sejumlah besar produk di pasaran tertulis “rendah kalori” di kemasannya. Makanan ini mungkin memiliki lebih sedikit karbohidrat, tapi juga memiliki lebih sedikit protein, sedikit garam, dan mungkin mengandung pengawet berbahaya.

Baca juga: Buah dan Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan

7. Tambahkan lebih banyak protein ke dalam menu sarapan

Setiap pagi, anda mendapatkan energi yang cukup untuk memulai hari. Untuk mendapatkan energi terbaik, kami merekomendasikan memakan telur rebus saat sarapan karena dapat menambahkan lebih banyak protein ke dalam tubuh anda.

Share is caring!