7 Minuman Alami Mengatasi Insomnia

By - 28/04/2017

7 Minuman Alami Mengatasi Insomnia – Tidur nyenyak atau tidur selama 7 sampai 8 jam per hari tanpa gangguan adalah salah satu dari aktivitas biologis yang dibutuhkan semua manusia. Tidur nyenyak membantu menjaga kesehatan fisik dan mengoptimalkan kondisi mental.

minuman alami untuk mengatasi susah tidur atau insomnia

Image: tradisional-obat.blogspot.com

Banyak orang tidak memperhatikan kebiasaan sederhana ini. Namun, inilah satu-satunya cara untuk mengembalikan energi dan mempersiapkan tubuh menjalani hari baru.

Sebenarnya, selama ini tubuh menjalankan serangkaian fungsi. Fungsi ini mendukung otak dan sistem kekebalan tubuh, serta fungsi sistem tubuh lainnya. Karena itu, penting mengatasi masalah tidur yang tidak sehat. Terutama jika sudah mengarah ke insomnia.

Sebelum berpikir mengkonsumsi obat konvensional, sebaiknya konsumsi minuman alami di bawah ini yang bisa membuat anda tertidur. Pada artikel ini, kami ingin berbagi 7 minuman alami yang terbaik dalam mengatasi masalah tidur atau insomnia.

1. Air kelapa

Minum air kelapa sebelum tidur adalah solusi yang bagus. Ini membantu mencegah insomnia dan gangguan tidur lainnya. Air kelapa merupakan sumber asam lemak dan antioksidan, serta mengurangi kadar kortisol. Sifat air kelapa ini mengendalikan stres dan juga mengoptimalkan produksi hormon yang membantu anda tidur nyenyak.

Bagaimana cara meminumnya?

  • Hangatkan air kelapa kemudian diminum saat masih hangat.
  • Untuk hasil terbaik, minumlah satu jam sebelum tidur.

Baca juga: 3 Cara Tidak Biasa untuk Melawan Insomnia

2. Red wine

Minum banyak minuman beralkohol tidak dianjurkan. Tapi, segelas red wine memberi beberapa manfaat ke tubuh. Minuman ini diisi dengan antioksidan dan mineral penting yang membantu merelaksasi sistem saraf dan mendorong anda untuk tidur.

Selain itu, nutrisi yang ada pada red wine membantu menghilangkan racun pada tubuh dan membantu mengatasi masalah peradangan.

Bagaimana cara meminumnya?

  • Minum secangkir red wine setengah jam sebelum tidur.

3. Jus ceri

Minuman ini adalah salah satu solusi alami yang paling dianjurkan untuk mengobati insomnia. Hal ini karena banyaknya melatonin yang terkandung di dalamnya. Melatonin adalah zat kimia yang membantu mengatur siklus tidur.

Bagaimana cara meminumnya?

  • Minumlah setengah gelas jus ceri sebelum tidur.
  • Jika mau, anda juga bisa meminumnya saat sarapan pagi. Tapi jangan minum lebih dari satu gelas per hari.

4. Susu

Bagi orang yang tidak memiliki kadar gula tinggi, anda bisa meminum segelas susu hangat sebagai solusi terbaik untuk mengatasi masalah tidur. Minuman ini memiliki asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Setelah dicerna, asam amino ini membantu produksi melatonin atau hormon tidur.

Bagaimana cara meminumnya?

  • Buatlah segelas susu hangat dan minum setengah jam sebelum tidur.

5. Oat

Resep klasik oatmeal juga merupakan solusi efektif untuk mengatasi masalah tidur. Oatmeal tidak hanya mencegah gangguan pencernaan, tapi juga memberi anda triptofan dan nutrisi lainnya. Triptofan membantu memproduksi melatonin dan serotonin.

Bagaimana cara meminumnya?

  • Buatlah oatmeal dan konsumsi satu jam sebelum tidur.

6. Susu almond

Susu almond kaya akan omega 3 dan serat alami. Plus, menjadi salah satu minuman nabati yang paling direkomendasikan untuk orang yang memiliki kadar gula tinggi.

Minum susu almond memberi energi pada tubuh dan meminumnya sedikit sebelum tidur dapat merangsang rasa ngantuk anda. Minuman ini adalah salah satu sumber besar triptofan, asam amino yang diperlukan untuk produksi hormon yang merangsang rasa ngantuk.

Bagaimana cara meminumnya?

  • Buatlah segelas susu almond hangat dan minum setengah jam sebelum tidur.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Akut

7. Teh chamomile

Kemampuan teh chamomile yang menenangkan dapat digunakan untuk mengatasi masalah tidur. Terutama bila masalah anda terkait dengan gelisah dan stres. Meminum teh chamomile dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf. Plus, minuman ini juga membantu mengurangi ketegangan di tubuh anda.

Bagaimana cara meminumnya?

  • Minumlah secangkir teh chamomile setengah jam sebelum tidur.
Share is caring!