7 Makanan untuk Membersihkan Hati Secara Alami

By - 06/03/2017

7 Makanan untuk Membersihkan Hati Secara Alami – Hati dan kantong empedu berperan sangat penting dalam menjamin kesehatan tubuh kita. Hati tidak hanya terlibat dalam sistem pencernaan. Organ ini juga mengambil bagian dalam proses vital seperti sekresi hormon dan menyimpan beberapa nutrisi.

makanan yang dapat membersihkan hati secara alami

Image: m.viva.co.id

Selain itu, hati juga diklasifikasikan sebagai organ ekskretoris, karena setiap saat menyaring untuk membuang racun yang terbentuk di aliran darah. Proses penyaringan ini membantu menghancurkan beberapa jenis virus dan bakteri. Dan juga membantu mencegah beberapa penyakit kronis lainnya.

Masalahnya adalah kadang kala hati tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Ini disebabkan oleh penyakit atau akumulasi produk limbah yang berlebihan akibat kebiasaan buruk. Karena itu, penting memperbaiki pola makan anda dan makan lebih banyak makanan alami yang membantu memperkuat dan merangsang fungsi hati.

Dalam artikel hari ini, kami telah mengumpulkan 7 makanan terbaik untuk membersihkan hati yang wajib dimasukkan ke dalam menu makanan anda.

1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu pilihan makanan terbaik untuk memurnikan hati secara alami dan juga dianggap sebagai salah satu sayuran hijau yang paling sehat. Brokoli mengandung antioksidan kuat yang membantu menurunkan risiko kanker dan menghilangkan racun yang tersimpan dalam tubuh.

Kandungan serat tinggi brokoli membantu proses pencernaan dan juga membantu mengendalikan kadar kolesterol.

2. Kacang-kacangan

Kacang memiliki nutrisi seperti asam amino L-arginine, yang efeknya mengurangi tingkat keracunan pada hati. Kacang-kacangan yang ditambah dengan serat dan kandungan asam lemak omega 3, menjadikannya menu makanan yang baik untuk merangsang pemurnian organ vital ini.

Mengkonsumsi makanan ini dalam dosis yang cukup dapat mengendalikan kadar kolesterol dan membantu proses pencernaan lemak.

Baca juga: 6 Manfaat Kismis Dimasukkan ke Menu Sarapan

3. Apel

Apel adalah salah satu makanan yang harus ada dalam menu makanan sehari-hari. Apel telah dikenal bertahun-tahun karena sifat mengobatinya. Oleh karena itu, apel ideal untuk membersihkan hati dan memperbaiki fungsi kantong empedu.

Selain itu, apel kaya akan pektin, sejenis serat larut. Hal ini membuat apel menjadi jenis makanan yang dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dengan mengeluarkan racun di usus besar dan hati.

Mengonsumsi buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dan juga mengandung asam malat, nutrisi alami yang memfasilitasi pengusiran senyawa karsinogenik dan racun yang tersimpan dalam darah.

4. Jeruk

Semua jenis buah jeruk mengandung minyak esensial dan vitamin antioksidan yang secara alami membersihkan hati sekaligus mengobati peradangan. Kandungan vitamin C yang tinggi meningkatkan respon kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi dan penyakit serius.

Buah jeruk juga menghilangkan bahan beracun di dalam tubuh dengan mengeliminasi mereka melalui proses pencernaan.

5. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan dan pembersihan hati. Buah ini ideal untuk menghilangkan racun yang tersimpan di dalam tubuh karena memiliki kandungan asam amino, serat, dan antioksidan yang penting.

Selain itu, dalam alpukat terdapat glutathione yang merupakan senyawa yang dapat menghilangkan senyawa asing dan toksin.

Konsentrasi asam lemak omega-3 dalam alpukat membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dan memainkan peran penting dalam regulasi proses inflamasi.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu lemak paling sehat yang dapat ditambahkan ke makanan anda untuk melindungi kesehatan hati. Minyak zaitun mengandung zat antioksidan, anti-inflamasi dan zat pembersih yang berfungsi dalam pembersihan darah.

Sementara, asam lemak esensial yang ada dalam minyak ini menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Lemak esensial ini juga memperbaiki kesehatan arteri untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Kontribusi vitamin E dan asam aminonya membuat pelindung untuk melawan radikal bebas. Hal ini dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis.

Baca juga: Diet dengan Mengkonsumsi Sup Melon Dingin

7. Tomat

Tomat mengandung lycopene dan asam amino esensial. Setelah terserap oleh tubuh, senyawa ini meningkatkan fungsi hati dan pembuangan limbah yang optimal.

Kontribusi glutathione dan protein dalam tomat, memberi efek detoksifikasi yang membantu memperbaiki fungsi hati. Tomat juga mengandung flavonoid dan beta-karoten, merupakan zat antioksidan yang meningkatkan sirkulasi dan membantu melindungi diri dari radikal bebas.

Agar hati Anda tetap sehat dan bebas dari racun, jadikan makanan di atas sebagai menu harian anda. Untuk memperkuat efeknya, sebaiknya hindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok.

Share is caring!