7 Jus Terbaik Penangkal Penuaan Dini

By - 10/06/2017

7 Jus Terbaik Penangkal Penuaan Dini – Ketika ingin memperlambat atau memudarkan efek penuaan dini, metode alami yang kami bagikan dalam artikel ini patut anda terapkan. Cara alami ini dapat memberi nutrisi, vitamin dan antioksidan yang ampuh mengembalikan elastisitas kulit anda.

jus terbaik untuk menangkal proses penuaan dini

Image: anekhabila.blogspot.com

Menjadi tua memang tidak dapat dihindari. Namun, ada cara-cara alami yang tidak menimbulkan efek samping yang dapat anda gunakan untuk memperlambat proses penuaan kulit anda. Berikut beberapa jus yang dapat memperlambat proses tersebut. Cobalah!

1. Jus tomat

Jus tomat sangat tinggi akan antioksidan lycopene. Pigmen karotenoid dan fitokimia dalam tomat dapat menangkal radikal bebas (molekul atau ion yang dapat merusak sel sehat, menyerang sistem kekebalan tubuh, dan mempercepat penuaan).

Likopen juga membuat kulit anda menjadi lebih kencang karena menghambat efek kolagenase, sejenis enzim yang memecah kolagen di kulit dari waktu ke waktu.

Baca juga: Buah dan Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan

2. Jus kangkung

Minum jus kangkung adalah cara klasik untuk memperlambat penuaan. Ini adalah sayuran yang mengandung vitamin dan antioksidan yang lengkap. Daunnya kaya akan vitamin K, nutrisi yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Selain vitamin K, kangkung juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti:

  • Mineral (mangan, tembaga, kalsium, potasium, besi, magnesium)
  • Vitamin (B1, B2, B6, E)
  • Serat
  • Asam lemak omega 3

3. Jus terong atau air rebusan terong

Terong adalah salah satu sayuran terbaik yang wajib anda makan. Ada beberapa cara mengkonsumsi sayuran ini agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh optimal, salah satunya dengan memasak dan meminum air rebusannya.

Anda juga dapat memotongnya kecil-kecil dan dicampur dengan buah apel kemudian dibuat jus. Cara ini membuat anda tidak bosan mengkonsumsinya. Kenapa terong wajib dikonsumsi untuk melawan penuaan dini? Karena terong merupakan salah satu makanan paling kaya antioksidan.

4. Jus anggur

Kulit dan biji anggur telah digunakan selama bertahun-tahun dalam produk kecantikan untuk melawan penuaan dini. Anggur mengandung antioksidan resveratrol yang juga ditemukan pada blackberry, blueberry, dan kismis, dan yang ampuh melawan tanda-tanda penuaan.

Cara terbaik untuk memanfaatkannya adalah membuatnya sendiri di rumah dan blender buah anggur beserta kulit dan bijinya.

5. Jus delima

Buah delima dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, melawan bakteri pada kandung kemih atau ginjal anda, dan memiliki senyawa untuk mengurangi keriput. Delima juga membantu memproduksi urolithin A, molekul yang dikenal mampu menumbuhkan mitokondria yang melindungi setiap sel di tubuh.

6. Jus semangka

Jangan tertipu dengan apa yang anda lihat, meskipun semangka hanya terdiri dari air dan gula, buah ini justru memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.

Semangka sangat bagus untuk menghidrasi tubuh yang membuat kulit terasa lembab. Vitamin A dalam semangka adalah vitamin yang sangat penting untuk meregenerasi kulit, mencegah kulit kering dan keriput.

7. Jus kiwi

Jus buah kiwi yang dicampur dengan apel dan sedikit lemon adalah perpaduan yang sangat baik untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Antioksidan yang terdapat pada kiwi membantu menguatkan kulit dan memperlambat pembentukan garis penuaan saat anda senyum.

Jus campuran ini mengandung vitamin C dan E yang sangat penting untuk mengurangi kerusakan kulit akibat dari radikal bebas.

Baca juga: 5 Jus Vegan Kaya akan Protein dan Serat

Jadi, jus mana yang anda pilih untuk mengatasi penuaan yang sudah mulai terlihat di wajah anda? Kami sarankan untuk membuat sendiri jus ini, sebab membeli jus dalam kemasan ditakutkan memiliki kadar gula yang terlalu tinggi.

Share is caring!