7 Jenis Meditasi dan Manfaatnya

By - 16/04/2017

7 Jenis Meditasi dan Manfaatnya – Banyak orang memutuskan untuk berlatih meditasi karena mengalami stres, gelisah dan tidak dapat mengendalikan emosinya. Ketika berbicara tentang meditasi, apakah anda tahu ada berapa banyak jenis meditasi? Ada baiknya mengenal mengenal jenis-jenis meditasi untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

jenis-jenis dan manfaat meditasi

Image: health.kompas.com

Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami ingin memberi anda wawasan tentang jenis meditasi yang ada saat ini serta manfaat dari masing-masing jenis.

Jenis-jenis meditasi

1. Meditasi suara primordial

Meditasi suara primordial didasarkan pada mantra. Tapi, apa sih mantra itu? Mantra adalah suara, kata, atau ungkapan yang anda ulangi yang membuat pikiran bergetar. Misalnya, mantra yang terkenal adalah “ommmm klasik”. Mantara ini membawa anda keluar dari hiruk-pikuk dunia masa kini.

Mungkin anda berpikir mantra adalah suara yang dipilih secara kebetulan, tapi pada dasarnya mantra adalah suara yang berkaitan dengan hal-hal yang suci (dalam Islam mungkin mantra ini disebut dzikir). Mantra memiliki makna yang dalam sejak jaman dahulu.

2. Meditasi Vipassana

Meditasi Vipassana juga disebut meditasi wawasan. Latihan ini berfokus pada pernafasan hidung untuk mengendalikan emosi anda. Meditasi semacam ini membantu anda untuk melihat sesuatu apa adanya tanpa menghakimi, mencela atau merasa kurang lengkap pada hal tersebut. Meditasi ini membuka wawasan dan memungkinkan anda memahami apa yang terjadi di sekitar anda.

Baca juga: 8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional

3. Meditasi Zazen

Meditasi Zazen juga disebut Zen. Meditasi ini berfokus pada pernapasan. Tapi, ada perbedaan penting antara meditasi Zen dan Vipassana. Zen tidak berdasarkan pernafasan hidung, tapi pada pergerakan perut anda.

Untuk meditasi seperti ini, anda harus duduk tegak, dagu anda harus mengarah ke bawah, dan tangan harus diletakkan di perut. Meditasi Zazen mengajarkan untuk memikirkan masalah yang sedang anda alami dan mencoba mencari jalan keluarnya.

4. Meditasi Metta

Meditasi Metta ini berasal dari Buddhisme Tibet. Meditasi ini juga disebut sebagai meditasi cinta kasih karena kita akan diajarkan berempati dengan orang lain. Setelah melakukan meditasi ini anda akan menilai sesuatu dalam sudut pandang yang positif.

5. Meditasi Kundalini

Tujuan utama meditasi Kundalini adalah membuka pikiran anda. Anda melakukan melakukan meditasi ini dengan mantra dan nyanyian yang membuka alam bawah sadar anda. Meditasi semacam ini terpusat pada tulang belakang anda. Energi Kundalini terdapat di punggung bagian bawah. Saat anda mengucapkan mantra atau nyanyian, energi yang berada di tulang belakang anda akan terbebas.

6. Meditasi Cakra

Menurut Hinduisme, orang memiliki 6 cakra. Cakra adalah pusat energi yang mendistribusikan energi ke seluruh tubuh. Meditasi ini berfokus pada suara, posisi tangan, dan pada setiap Cakra yang akan menghubungkan pikiran dengan tubuh anda.

7. Meditasi Tonglen

Meditasi terakhir yang akan kita bahas adalah Meditasi Tonglen. Meditasi ini membantu anda terhubung dengan masalah yang sedang anda alami dan bagaimana cara menghadapinya. Orang memiliki kecenderungan lari dari masalah mereka dan itu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena hanya membuat situasi semakin buruk.

Karena itu, jenis meditasi ini memungkinkan anda secara efektif melawan keadaan sulit yang ada dalam hidup anda. Meditasi Tonglen membantu anda mengubah pikiran negatif menjadi penuh kasih sayang dan penuh empati.

Baca juga: 4 Manfaat Psikologis dari Jalan Kaki

Sudahkah anda mencoba salah satu jenis meditasi ini di rumah? Meskipun semuanya positif untuk dilakukan, pilihlah jenis meditasi yang sesuai dengan keadaan anda.

Share is caring!