7 Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

By - 26/01/2017

7 Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami – Setiap orang pasti pernah merasakan ketidaknyamanan ketika sariawan. Area berwarna keputihan dengan tepi merah ini umumnya muncul di sepanjang selaput lendir pipi, lidah, dan langit-langit mulut.

cara cepat menyembuhkan sariawan

Image: cantikitu.com

Penyakit ini tidak menular, juga tidak muncul di luar mulut. Meski begitu, munculnya sariawan dapat menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, stres, sakit parah, atau lingkungan yang kurang bersih.

Meskipun sariawan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, ada baiknya menerapkan beberapa jenis pengobatan yang ada untuk mempercepat pemulihan dan mencegah infeksi.

Dalam artikel ini kami ingin berbagi tujuh perawatan untuk mempercepat penyembuhan sariawan dengan bahan alami yang dapat dilakukan di rumah.

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan ramuan yang memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri yang bila dioleskan secara langsung, membantu mencegah infeksi pada mulut.

Allicin adalah senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih, membantu mengurangi radang dan meningkatkan aktivitas sel sehingga penyembuhan lebih cepat.

Bagaimana menggunakannya?

  • Tekan bawang putih dan gosok ke bagian yang terkena sariawan selama dua sampai tiga menit.
  • Bilas dengan air dan ulangi penggunaannya dua kali sehari.

2. Baking soda

Baking soda adalah obat tradisional untuk mengatasi kesehatan mulut. Baking soda mengandung zat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu luka sembuh lebih cepat.

Penggunaannya mengurangi risiko infeksi di daerah yang terkena sariawan dan membantu dalam memperbaiki kulit karena mampu mengatur pH.

Bagaimana menggunakannya?

  • Basahi sedikit baking soda dengan air dan gosokkan ke area yang terkena sariawan.
  • Ulangi ini setiap hari setelah menyikat gigi.

3. Ekstrak biji jeruk bali

Ekstrak alami dari biji jeruk bali memiliki antibiotik kuat yang membantu menghancurkan kuman penyebab infeksi pada mulut.

Antioksidan dan senyawa disinfektan dari biji jeruk bali dapat melindungi kulit di sekitar luka selain mengurangi peradangan dan mencegah bau mulut.

Bagaimana menggunakannya?

  • Tambahkan beberapa tetes ekstrak biji jeruk bali ke secangkir air hangat dan gunakan sebagai obat kumur setelah sikat gigi.
  • Ulangi kumur dengan ekstrak biji jeruk bali hingga tiga kali sehari.

Baca juga: 4 Vitamin untuk Paru-Paru Setelah Berhenti Merokok

4. Hidrogen peroksida

Sifatnya yang desinfektan dan restoratif membuat hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai obat untuk sariawan. Menerapkannya secara langsung akan mempercepat pemulihan jaringan yang sariawan dan juga mencegah proliferasi bakteri.

Bagaimana menggunakannya?

  • Celupkan kapas di hidrogen peroksida dan gosokkan pada kulit mulut yang sakit.
  • Ulangi tiga sampai empat kali sehari.

Atau dengan menambahkan beberapa sendok makan hidrogen peroksida ke dalam air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

5. Minyak peppermint

Minyak peppermint memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang membantu mencegah infeksi di mulut ketika sariawan.

Bagaimana menggunakannya?

  • Basahi kapas dengan minyak peppermint dan oleskan dengan hati-hati ke bagian yang sakit.
  • Ulangi ini dua sampai tiga kali sehari, sesuai kebutuhan.

6. Yoghurt

Asam laktat dalam yogurt membantu mengatur pH di dalam mulut. Dengan cara ini, dapat mengurangi keasaman dan meningkatkan peluang bakteri sehat berkembang biak.

Menerapkannya secara langsung dapat meningkatkan kesehatan kulit yang terkena penyakit mulut dan mencegah timbulnya infeksi.

Bagaimana menggunakannya?

  • Konsumsilah setidaknya setengah cangkir yogurt dalam sehari, pastikan yogurt bersentuhan dengan daerah yang terkena sariawan

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Akut

7. Kunyit bubuk

Bubuk kunyit bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi sariawan dan masalah lainnya yang mempengaruhi kesehatan mulut.

Akar ini mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin, selain warnanya yang khas juga terdapat anti-inflamasi dan antibiotik.

Bagaimana menggunakannya?

  • Ambil sedikit kunyit, basahi dengan sedikit air, dan oleskan pada sariawan.
  • Diamkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas.
  • Lakukan perawatan ini selama dua sampai tiga kali sehari.
Share is caring!