7 Cara Cepat Menghentikan Mimisan di Rumah

By - 08/05/2017

7 Cara Cepat Menghentikan Mimisan di Rumah – Mimisan atau dalam istilah medis sebagai epistaksis, merupakan masalah umum yang sering terjadi. Meski tidak cenderung menjadi masalah yang serius, mimisan juga dapat menggambarkan kondisi kesehatan orang tersebut.

cara cepat dan paling ampuh menghentikan mimisan di rumah

Image: magwuzz.com

Lalu apa yang menyebabkan mimisan?

Hidung sangat sensitif karena memiliki banyak pembuluh darah kecil. Mimisan terjadi secara spontan, kadang terjadi pada saat yang tidak tepat. Mimisan sering terjadi saat selaput lendir di hidung kering.

Selain itu, mimisan umum terjadi pada pasien yang memakai antikoagulan dan orang tua yang cenderung membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pembekuan darah. Bahkan, beberapa orang mengalami reaksi iritasi kimiawi, panas badan yang ekstrim dan bersin terus-menerus.

Beruntung, ini adalah kondisi yang bisa dihentikan dengan bahan alami yang mudah didapatkan. Pada artikel ini, kami ingin berbagi tujuh solusi menarik dicoba saat hidung anda berdarah.

1. Kompres

Mengompres hidung adalah salah satu solusi paling efektif untuk menghentikan mimisan. Suhu dingin merangsang kontraksi pembuluh darah dan membantu memperlambat aliran darah sehingga menghentikan pendarahan.

Caranya:

  • Balut es batu dengan lap lembut dan tempelkan di atas hidung.
  • Lakukan selama 5 sampai 10 menit dan ulangi jika perlu.

Baca juga: 9 Cara Alami Mengobati Luka Memar

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah produk alami yang bisa menghentikan mimisan dalam beberapa detik. Penerapannya membantu menyegel dinding pembuluh darah yang pecah dan menurunkan aliran darah.

Caranya:

  • Celupkan bola kapas ke dalam cuka dan masukkan dengan hati-hati ke lubang hidung.
  • Diamkan selama 8 sampai 10 menit.
  • Ulangi setiap kali anda mimisan.

3. Bawang merah

Komponen belerang pada bawang sangat ideal untuk menghentikan mimisan akibat pembuluh darah yang pecah di hidung. Gas alami yang dilepaskan bawang membantu merangsang reparasi sel.

Caranya:

  • Potong bawang dan letakkan di sekitar lubang hidung agar uapnya terhirup.
  • Anda juga bisa mengoleskan bawang merah yang sudah di haluskan.

4. Daun jelatang

Daun jelatang adalah obat alami yang bermanfaat meredakan mimisan. Daun jelatang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu koagulasi (pembekuan darah) dan menghentikan aliran darah di hidung. Selain itu, obat alami ini juga dapat memperkuat kapiler dan menghindari alergi pernafasan.

Bahan:

  • 1 gelas air
  • 1 sendok makan daun jelatang

Caranya:

  • Panaskan air sampai mendidih, tambahkan jelatang dan hirup uap selama beberapa menit.
  • Cara lainnya adalah buat jus dari daun jelatang dan teteskan 2 atau 3 tetes ke hidung.

5. Vaseline

Vaseline adalah pilihan tepat untuk menghindari mimisan saat musim panas atau selama perubahan iklim yang ekstrim. Penerapan langsung ke hidung membantu mempertahankan pelumasan alami di lubang hidung dan mencegah pecahnya pembuluh darah.

Caranya:

  • Ambillah sedikit Vaseline dan oleskan di lubang hidung dengan gerakan memijat lembut.
  • Hindari penggunaan terlalu banyak karena membuat anda susah bernafas.

6. Jus lemon

Meneteskan jus lemon di dalam lubang hidung dapat memperlambat aliran darah dan mempercepat penyembuhan daerah yang terluka.

Caranya:

  • Masukkan 2 tetes jus lemon ke dalam lubang hidung dan miringkan kepala selama beberapa detik.
  • Ulangi langkah tersebut bila perlu.

Baca juga: 4 Buah Terbaik untuk Mencegah Sakit Kanker

7. Cabe rawit

Cabe rawit memiliki khasiat yang merangsang aktivitas sel dan mengendalikan tekanan darah. Minum teh rempah ini adalah cara yang baik untuk mencegah mimisan. Cabe rawit juga dapat menurunkan pendarahan dan mempercepat proses koagulasi.

Bahan:

  • 1 sendok makan cabe rawit bubuk
  • 1 gelas air

Caranya:

Tambahkan satu sendok teh cabe rawit bubuk ke secangkir air panas. Biarkan mengendap kemudian diminum.
Anda juga bisa membeli kapsul cabe rawit untuk dikonsumsi 3 kali sehari.

Perlu diperhatikan, meskipun pengobatan ini membantu menghentikan pendarahan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter saat mimisan masih terjadi pada hari berikutnya. Dan mimisan tidak selalu menunjukkan adanya penyakit serius di dalam tubuh anda.

Share is caring!