6 Manfaat Utama Brokoli bagi Kesehatan

By - 20/04/2017

6 Manfaat Utama Brokoli bagi Kesehatan – Bukan rahasia jika manusia sangat bergantung pada pengetahuan yang mereka dapatkan dari orang tua mereka. Budaya dan kebiasaan kebanyakan diturunkan dan dipelajari dari orang tua. Akibatnya, banyak orang tidak mengenal dan mengkonsumsi brokoli di masa dewasa mereka.

manfaat utama sayur brokoli bagi kesehatan tubuh

Image: perawatkulit.blogspot.com

Sayur ini adalah salah satu sayur yang paling dibenci oleh anak-anak. Seiring berjalannya waktu, mereka menjadi tidak suka dan anti memakan brokoli. Tapi, orang-orang tertentu cenderung berubah pikiran dari waktu ke waktu atau cukup beruntung karena menyukai sayur ini.

Sekali lagi, brokoli memiliki banyak sekali manfaat sehingga wajib untuk dimasukkan ke dalam menu makanan anda sehari-hari. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan beberapa manfaat utama dari brokoli yang membuat anda berubah pikiran dan mulai mengkonsumsinya setiap hari.

1. Brokoli membantu mencegah kanker

Salah satu sifat yang paling mengejutkan dari sayur ini yaitu sayur ini anti-karsinogenik karena adanya komponen seperti potasium, seng, dan vitamin A, C, dan E. Jadi, menambahkan brokoli dalam menu makanan anda dapat mencegah munculnya kanker.

Di antara jenis kanker yang dapat dicegah dengan memakan brokoli:

  • Kandung kemih
  • Prostat
  • Ginjal
  • Usus besar
  • Hati
  • Payudara

Rekomendasi untuk mendapatkan nutrisi terbaik dari sayur ini adalah dengan memakannya mentah-mentah. Cara ini jauh lebih efektif untuk mencegah munculnya sel kanker.

Baca juga: 4 Buah Terbaik untuk Mencegah Sakit Kanker

2. Antioksidan yang sangat baik

Brokoli dikenal sebagai salah satu antioksidan alami terbaik. Karena itu, memakannya secara teratur membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Sayur ini menjaga organ tubuh dan mencegah kerusakan dini pada sel tubuh.

Saat berbicara tentang sifat antioksidannya, antioksidan dalam brokoli terfokus pada sintesis oksigen di tubuh anda. Hal ini terjadi berkat lutein, vitamin E, dan beta-karoten yang terdapat di dalam brokoli.

3. Memperkuat sistem kardiovaskular

Brokoli memberi banyak kontribusi pada kesehatan jantung dan arteri di tubuh, penting secara teratur mengkonsumsi sayur ini. Serat merupakan salah satu senyawa penting bagi tubuh, dan brokoli memiliki banyak serat. Nutrisi ini membantu memperkuat sistem kardiovaskular.

Bila anda memakan brokoli setelah dikukus, ini dapat membantu melawan plak yang terbentuk di dinding arteri. Selain itu, sayur ini dapat melawan semua jenis kolesterol jahat (LDL).

4. Memperbaiki penglihatan

Selain manfaat yang telah kami sebutkan sebelumnya, brokoli juga memberi banyak manfaat untuk penglihatan. Nutrisi seperti vitamin A, beta-karoten, dan zeaxanthin, berperan untuk memperbaiki penglihatan.

Fungsi utama brokoli bagi penglihatan adalah:

  • Mencegah katarak,
  • Melindungi dari sinar ultraviolet (sinar UV),
  • Mencegah degenerasi otot.

5. Cocok untuk wanita hamil

Ketika seorang wanita memiliki bayi di dalam perutnya, dia perlu memperhatikan makanan yang dimakannya. Wanita hamil bertanggung jawab atas pertumbuhan makhluk hidup yang ada di dalam janinnya. Itulah mengapa sangat penting bagi mereka untuk memakan makanan yang sehat.

Ibu hamil harus memastikan makan brokoli secara teratur. Sayur ini memberikan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi janin, diantaranya:

  • Vitamin (asam folat)
  • Mineral (kalsium, fosfor)
  • Protein
  • Antioksidan

Baca juga: 8 Cara Mudah Turunkan Risiko Kanker Payudara

6. Mencegah sembelit

Sembelit adalah salah satu penyakit yang dianggap remeh oleh banyak orang tapi sangat menyakitkan. Rasa sakit, radang, dan ketidakmampuan menyingkirkan sisa-sisa racun dari tubuh bukanlah hal yang anda inginkan.

Makan brokoli sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah ini. Berkat kandungan seratnya, brokoli dapat melawan peradangan dan membantu anda membuang kotoran dengan mudah.

Share is caring!