6 Manfaat Kismis Dimasukkan ke Menu Sarapan

By - 02/02/2017

6 Manfaat Kismis Dimasukkan ke Menu Sarapan  Selain membantu mengatasi sembelit, kismis juga memiliki banyak manfaat lainnya. Anda mungkin tidak percaya, tapi karunia kecil dari alam ini adalah harta karun bagi kesehatan. Buah kering seperti buah kurma kering ini, telah melalui proses pengeringan di mana kadar airnya berkurang dan membuat buah ini memiliki nutrisi yang padat.

manfaat mengonsumsi kismis dipagi hari dalam menu sarapan

Image: merdeka.com

Warna gelap yang terlihat dari buah ini merupakan letak sumber energi dan kandungan antioksidan paling tinggi berada di tengahnya dengan rasa sangat manis. Berikut 6 alasan mengapa anda harus memasukkan kismis ke dalam menu sarapan.

1. Kismis menurunkan tekanan darah

Kismis dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. Sesuatu yang harus kita ketahui sejak awal adalah kismis mengandung glukosa. Jadi, kunci untuk mendapatkan manfaat paling baik dari kismis adalah dengan mengonsumsinya secara teratur dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Jika anda mengonsumsi kismis (kira-kira 25 g) per hari, anda akan mendapatkan manfaat dari kandungan potasiumnya yang tinggi, yang sangat baik dalam menurunkan tekanan darah.

2. Kismis penuh energi dan membantu melawan anemia

Kismis mengandung sejumlah zat besi yang mampu membantu dalam mengobati anemia. Buah ini juga kaya akan vitamin B kompleks, penting untuk pembentukan darah baru. Jumlah tembaga yang tinggi dalam kismis juga mendorong pembentukan sel darah merah yang tepat.

Di sisi lain, kita tidak bisa melupakan bahwa sarapan yang baik adalah makanan yang penuh energi. Kismis sangat kaya akan karbohidrat, sesuatu yang ideal dikonsumsi untuk menghindari kelelahan saat siang hari.

3. Membantu membersihkan tubuh

Cara menarik untuk memanfaatkan kismis secara alami adalah dengan merendam kismis semalaman dan kemudian meminum airnya. Ini adalah cara yang bagus untuk memperbaiki fungsi ginjal.

Meskipun tubuh anda memiliki mekanisme pemurnian alami sendiri, salah satu cara untuk membantu proses pemurnian ini adalah dengan mengoptimalkan fungsi hati dan ginjal. Cobalah air kismis ini dan anda akan merasakan perbedaannya.

Baca juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

4. Ucapkan selamat tinggal pada sembelit

Saat anda mengkonsumsi kismis, buah ini akan membengkak karena kandungan seratnya yang tidak larut. Proses alami ini mendorong gerakan di usus, sambil mendetoksifikasi dan memindahkan tinja sehingga proses di usus menjadi lancar.

Selain itu, bila anda sedang diare, serat larut ini dapat menyerap cairan dan dengan demikian secara bertahap memperbaiki mengobati diare yang anda alami.

5. Cara terbaik untuk merawat tulang

Tentu kita akan tertarik mengonsumsi buah kismis yang seperti buah kurma kering dan kaya akan kalsium. Jika anda menambahkan segenggam kismis ke yogurt, anda akan menyuplai kalsium yang dibutuhkan tulang.

Buah kering ini juga merupakan salah satu sumber boron dan mikronutrien terbaik. Boron sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan membantu anda menyerap kalsium dengan lebih baik.

Di sisi lain, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, kismis juga mengandung banyak potasium. Selain itu, kismis mengandung kalium yang merupakan nutrisi penting lainnya untuk melawan osteoporosis dan degenerasi sendi karena faktor usia.

6. Membantu menjaga tubuh tetap basa

Tubuh yang asam sering menimbulkan efek secara eksternal melalui masalah kulit seperti jerawat. Bagian dalam tubuh juga terpengaruh oleh ketidakseimbangan pH ini. Arthritis memburuk, juga berisiko menderita batu ginjal atau kolesterol tinggi.

Jika anda mulai memakan segenggam kismis saat sarapan, anda akan mendapatkan potasium dan magnesium yang anda butuhkan. Kedua mineral ini berperan sebagai perantara agar tubuh lebih basa. Mineral ini mampu menetralkan keasaman yang cenderung membahayakan kesehatan.

Share is caring!