6 Alasan Perlunya Makan Pisang Setiap Hari

By - 18/03/2017

6 Alasan Perlunya Makan Pisang Setiap Hari – Semua orang pasti suka makan pisang. Selain memiliki rasa yang manis, anda juga bisa menggabungkannya dengan makanan lain seperti madu, kayu manis, gandum, dan kacang-kacangan.

alasan wajib makan pisang setiap hari

Image: sehatalamiyah.com

Pisang juga merupakan buah favorit para atlet. Hanya satu gigitan dapat memberikan energi dan nutrisi untuk mengurangi kelelahan atau kehilangan energi saat olahraga.

Namun, beberapa orang ada yang berpikir keliru menganggap dengan mengonsumsi buah ini setiap hari akan menyebabkan berat badan bertambah.

Pemikiran ini jelas tidak benar, anda perlu melihat data secara lebih obyektif. Memakan pisang setiap hari terutama di pagi hari, tidak berdampak buruk pada kesehatan atau menyebabkan tubuh anda obesitas.

Kuncinya, terletak pada keseimbangan dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Pada artikel ini, kami akan memberi enam alasan bagus yang akan meyakinkan anda untuk memakan buah pisang setiap hari.

1. Pisang adalah salah satu buah yang paling bergizi

Pisang sangat bergizi. Hal ini membuat pisang menjadi makanan yang sangat baik untuk sarapan pagi, waktu yang ideal bagi anda memulai hari dengan energi maksimal.

Nutrisi yang terkandung dalam satu buah pisang:

  • Berserat tinggi
  • Antioksidan
  • Mineral (potasium, magnesium, tembaga, mangan)
  • Vitamin (B6 dan C)
  • Karbohidrat
  • Protein

Dan anda juga perlu tahu, pisang mengandung banyak air dan sedikit lemak.

Baca juga: Manfaat Minum Jus Cranberry Setiap Hari

2. Pisang mengatur kadar gula dalam darah

Pisang kaya akan zat yang dikenal sebagai pektin, serat larut yang membantu mengatur kadar gula darah setelah anda makan. Hal ini memungkinkan mengendalikan nafsu makan anda dan juga memperlambat perut kembali lapar. Jika anda menderita diabetes, sebaiknya hindari memakan pisang matang.

3. Pisang memperbaiki pencernaan anda

Satu hal yang kami yakin ingin anda ketahui adalah pisang berukuran medium mengandung dua jenis serat: pektin dan pati (seperti yang disebutkan di atas).

Kedua senyawa ini dapat memperbaiki pencernaan anda. Misalnya pati lolos dari saluran pencernaan lainnya dan langsung menuju usus besar, di mana senyawa ini menjadi makanan bagi bakteri baik. Dengan menyerap nutrisi lebih baik dan anda juga akan terhindar dari sembelit. Selain pati, pektin juga membantu melindungi dan merawat kesehatan usus besar anda.

4. Pisang menyehatkan jantung

Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung, terutama untuk mengatur dan menyeimbangkan tekanan darah. Jika anda terbiasa makan pisang setiap hari, anda telah menambahkan ptassium ke dalam tubuh anda. Potassium adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan kardiovaskular anda.

5. Makan pisang di pagi hari untuk menurunkan berat badan

Pisang memiliki beberapa karakteristik yang membuat buah ini menjadi bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

Inilah alasannya:

  • Pisang mengandung sedikit kalori
  • Pisang mengenyangkan dan bergizi. Tambahkan ke menu sarapan anda bersama dengan beberapa protein lainnya, kacang-kacangan, dan teh atau kopi. Dijamin anda dapat menjalani hari dengan penuh semangat
  • Pisang juga kaya akan serat. Searat ini berperan penting bagi kesehatan pencernaan anda dan membantu anda menghindari sembelit.

Cobalah makan selama 10 hari dan lihatlah efeknya pada tubuh anda.

Baca juga: Diet dengan Mengkonsumsi Sup Melon Dingin

6. Pisang makanan sempurna bagi atlet

Pisang adalah buah yang sempurna untuk para atlet. Mengapa? Ini karena kandungan mineral dan karbohidrat pada pisang mudah dicerna. Fakta menarik lainnya adalah mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat membantu mengurangi kram otot yang berhubungan dengan olahraga.

Jika anda bukan atlet tapi menderita kram otot biasa, jangan ragu untuk menambahkan pisang ke dalam menu makan malam anda (yang tidak terlalu matang). Selain itu, pisang memberikan banyak nutrisi sebelum, selama, dan setelah berolahraga, terutama jika anda melakukan latihan ketahanan.

Ingatlah untuk selalu membawa pisang saat anda jogging atau ke gym. Jika anda berpikir mengonsumsi satu pisang setiap hari terlalu banyak untuk anda, sertakan buah ini ke dalam menu sarapan anda setidaknya tiga kali dalam seminggu

Share is caring!