5 Manfaat Minyak Biji Gandum untuk Rambut

By - 16/05/2017

5 Manfaat Minyak Biji Gandum untuk Rambut – Minyak biji gandum adalah produk berbasis sayuran yang berasal dari kuman kecil yang ditemukan di dalam gabah gandum. Minyak biji gandum memiliki warna kuning yang khas dan baunya yang harum. Dan juga minyak biji gandum banyak dimanfaatkan karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

manfaat luar biasa minyak biji gandum untuk rambut dan cara menerapkannya

Image: webmateri.com

Minyak biji gandum berkhasiat untuk kesehatan rambut dan dijadikan kosmetik.

Banyak perusahaan ternama bahkan menambahkan minyak biji gandum dengan beberapa produk kesehatan kulit dan rambut mereka. Hal ini karena minyak bija gandum yang terserap kulit kepala memiliki efek melembabkan, memperbaiki, dan meremajakan rambut. Selain itu, minyak ini adalah sumber asam lemak esensial, antioksidan, dan protein yang tinggi.

Karena belum banyak orang yang memanfaatkan minyak biji gandum, pada artikel ini kami ingin membagikan enam manfaatnya untuk kesehatan rambut anda.

1. Menyuburkan rambut

Menerapkan minyak biji gandum ke akar rambut merupakan solusi bagus untuk mengatasi rambut rontok dan menyuburkan rambut. Produk ini mengandung sejumlah besar vitamin B kompleks yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan sel dan pembentukan jaringan.

Proteinnya memperkuat helai rambut dan folikel rambut. Dengan cara ini, anda dapat mencegah kerusakan rambut, rambut kering, dan perubahan lainnya yang menyebabkan rambut rontok. Selain itu, asam lemak esensial dan kandungan vitamin E-nya mengatur produksi minyak di kulit kepala sehingga menjaga rambut tetap bersih, berkilau, dan sehat.

Baca juga: 6 Manfaat Utama Brokoli bagi Kesehatan

2. Mengatasi rambut kering

Lemak sehat dalam minyak biji gandum seperti minyak linoleat dan asam palmitat mudah terserap ke kulit kepala dan membantu melembabkan rambut. Antioksidannya melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Plus, minyak ini juga mengatasi ketidakseimbangan pH yang menyebabkan rambut kering.

Vitamin A, D, dan E-nya menguatkan setiap helai rambut anda. Pada saat yang sama, minyak ini mengkilapkan dan melembabkan rambut.

3. Kondisioner alami

Karena teksturnya yang halus dan tinggi akan nutrisi yang bermanfaat bagi rambut, minyak ini bisa digunakan untuk menggantikan kondisioner rambut komersial. Tidak hanya lebih murah, minyak biji gandum juga memberi manfaat yang lebih banyak daripada produk kesehatan rambut yang diproses melalui proses kimia.

Lemak sehatnya membantu menjaga rambut anda tetap berkilau. Plus, melembutkannya sehingga tidak bercabang ketika anda menyisirnya.

4. Melindungi kulit kepala

Protein, vitamin E, dan asam lemak esensial dalam produk ini adalah nutrisi yang sangat penting bagi kulit kepala anda. Nutrisi ini dapat mengatur keseimbangan pH kulit kepala dan mendorong pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit kepala.

Menerapkannya dengan gerakan memijat mampu merangsang sirkulasi di area kepala. Plus, memiliki efek antibakteri dan antijamur. Minyak ini juga mencegah munculnya ketombe dan infeksi dari bakteri dan jamur.

5.Mengatasi rambut bercabang

Memang sulit menyatukan kembali rambut yang bercabang, tapi pilihan yang baik dalam merawatnya adalah melembabkannya dengan minyak biji gandum. Dengan begitu, rambut akan terlihat lebih indah.

Asam linoleat, vitamin B-kompleks dan vitamin E bertindak untuk memperbaiki kerusakan pada rambut. Senyawa ini memperbaiki tampilan ujung rambut bercabang yang mempengaruhi penampilan rambut anda.

Baca juga: Spirulina dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Bagaimana cara menerapkan minyak biji gandum ke rambut?

Minyak biji gandum dapat digunakan langsung ke rambut atau sebagai bagian dari perawatan rambut. Bergantung pada kebutuhan anda, anda bisa menggunakannya dalam jumlah kecil di kulit kepala, ujung rambut, atau seluruh rambut anda. Berikut cara paling dianjurkan dalam menggunakan minyak ini.

  • Hal terbaik menerapkannya adalah ketika anda memiliki waktu luang yang cukup panjang, karena semakin lama minyak berada di kepala atau rambut anda, maka hasilnya semakin baik.
  • Menerapkan minyak biji gandum secara berlebihan dapat menyulitkan anda saat membilasnya.
  • Terapkan dua atau tiga kali dalam seminggu, tergantung pada jenis perawatan yang ingin anda berikan pada rambut anda.
Share is caring!