5 Manfaat Minum Air Jahe bagi Kesehatan

By - 12/05/2017

5 Manfaat Minum Air Jahe bagi Kesehatan – Jahe adalah tanaman yang mudah ditebak karena aromanya yang sangat khas dan rasanya agak pedas. Jahe berasal dari keluarga zingiberacea yang rimpangnya dipanen dan dimanfaatkan. Rimpang adalah batang di bawah tanah dimana akar muncul.

manfaat dan khasiat air jahe untuk bagi kesehatan dan kecantikan

Image: merdeka.com

Bertahun-tahun yang lalu, nenek moyang kita sudah menggunakan jahe sebagai obat. Dan zaman sekarang ini jahe adalah salah satu resep obat rumahan yang paling banyak digunakan dan dimanfaatkan.

Jahe menjadi terkenal lewat pengobatan Cina dan saat ini jahe banyak tersedia di toko bahan makanan ataupun di pasar. Di antara banyak manfaat lainnya, jahe paling dicari karena membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem pencernaan.

Jahe juga bermanfaat untuk mengobati penyakit pernafasan, seperti batuk atau flu, dan sebagai obat penenang untuk mengurangi rasa sakit di tubuh.

Karena mengandung Vitamin C dan B6 yang sangat baik serta mineral seperti potassium, membuat jahe menjadi obat yang baik untuk berbagai penyakit. Plus, tanaman ini bahkan memiliki sifat antioksidan.

Bagaimana cara memanfaatkan jahe?

Jahe bisa ditambahkan dalam berbagai makanan seperti salad, saus, pastries, desserts, atau resep umum lainnya. Plus, anda juga bisa membuat jus jahe, teh jahe, sirup jahe, atau susu telur madu jahe (STMJ).

Ada banyak produk kosmetik yang menggunakan jahe sebagai salah satu bahan utamanya. Produk-produk ini misalnya shampo, lotion, dan krim yang fungsi utamanya adalah untuk menghindari atau mencegah kelainan pada kulit seperti selulit.

Satu-satunya kendala beberapa orang tidak dapat mengkonsumsi jahe adalah tanaman ini dapat meningkatkan suhu tubuh. Untuk alasan ini, disarankan tidak mengkonsumsi jahe pada kondisi berikut:

  • Sedang demam
  • Wanita hamil
  • Anak-anak
  • Orang dengan tekanan darah tinggi atau orang yang mengkonsumsi aspirin untuk menurunkan darah tinggi (karena memperburuk efeknya)

Baca juga: Cara Alami Mengobati Darah Tinggi

Bagaimana cara membuat air jahe?

Bahan:

  • 4 gelas air (1 liter)
  • 4 sendok makan jahe cincang atau parut (40 g)

Cara pembuatan:

  • Pertama-tama, panaskan air. Saat mendidih, masukkan jahe parut.
  • Biarkan mendidih selama 10 menit dan kemudian angkat dari pemanas lalu diamkan selama 15 detik.
    Saring cairan.
  • Anda bisa mengkonsumsi air jahe saat masih panas ataupun dingin.
  • Jika mau, anda juga bisa mempermanis rasanya dengan sedikit madu atau stevia.

Air jahe bisa dicampur dengan berbagai jenis bahan yang tak terhitung jumlahnya. Kapulaga, kayu manis, dan jus lemon adalah bahan yang paling sering dicampur dengan air jahe ini.

Berikut adalah lima manfaat kesehatan yang anda dapatkan saat minum air jahe.

1. Mempercepat metabolisme

Jahe dikenal dengan sifat termogeniknya. Itulah kanapa jahe bagus untuk mempercepat metabolisme tubuh dan mengurangi lemak pada orang-orang yang gemuk atau kelebihan berat badan.

2. Melancarkan pencernaan

Akar ini mengandung konsentrasi serat yang tinggi, sehingga meningkatkan kerja usus. Jahe juga membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi sambil menghilangkan semua racun yang tidak dibutuhkan tubuh.

3. Antioksidan yang sangat baik

Seperti yang kami katakan di awal, jahe adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Sifat antioksidannya sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengatasi pengerasan dan penyempitan arteri sehingga membantu melancarkan aliran darah.

Untuk kecantikan, jahe bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, melembabkan tubuh, dan mencegah rambut kering. Selain itu, akar ini juga mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.

4. Menstabilkan kadar kolesterol

Air jahe bisa membantu tubuh mengatur kadar kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kadar kolesterol dalam aliran darah dapat menyumbat arteri dan menyebabkan masalah kardiovaskular (masalah pada pembulu darah dan jantung).

Baca juga: 4 Resep Alami Menurunkan Kolesterol Jahat

5. Antiinflamasi yang sangat baik

Air jahe bisa membantu mengurangi rasa sakit dari daerah tertentu di tubuh. Hal ini membuatnya sangat cocok dikonsumsi jika anda mengalami:

  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Linu
  • Radang sendi
Share is caring!