5 Manfaat Luar Biasa Seledri bagi Kesehatan

By - 06/05/2017

5 Manfaat Luar Biasa Seledri bagi Kesehatan – Seledri merupakan tanaman edible dari keluarga Apiaceae. Seledri memiliki banyak manfaat luar biasa yang dapat menyehatkan tubuh. Pada artikel ini, kami ingin berbagi beberapa manfaat fantastis dari sayur ini. Anda juga dapat menambahkan sayur ini ke dalam menu diet sehat anda.

manfaat luar biasa seledri bagi kesehatan

Image: kabarmenyebar.blogspot.com

Sejarah singkat seledri

Seledri liar banyak ditemukan di daerah rawa Eropa tengah dan Asia barat. Namun, beberapa sejarawan percaya bahwa sebenarnya seledri berasal dari negara-negara di sepanjang pantai Mediterania.

Penggunaan seledri sebagai obat sudah dilakukan sejak tahun 800-an dan 900-an. Seledri banyak digunakan oleh orang Mesir, Romawi, dan Yunani. Bahkan Hippocrates pernah merekomendasikan penggunaan sayuran ini sebagai diuretik (obat melancarkan kencing).

Pada Abad Pertengahan informasi akan manfaat dan khasiat seledri menyebar ke seluruh Eropa dan orang-orang mulai membudidayakannya. Saat ini, mengkonsumsi seledri sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan karena hanya mengandung 16 kalori per 100 gram, dan terdiri dari 95% air.

Selain itu, jika memakannya mentah-mentah, kandungan serat tinggi yang dikandungnya mampu menciptakan rasa kenyang. Berikut kami bagikan beberapa manfaat seledri lainnya yang mungkin belum anda tahu.

Manfaat seledri

Menambahkan seledri ke dalam menu makanan sehari-hari anda memberikan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Membantu pembekuan darah

Seledri adalah sumber vitamin K, komponen yang sangat diperlukan dalam pembekuan darah. Satu gelas seledri menyediakan 30% vitamin harian yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: 4 Resep Alami Menurunkan Kolesterol Jahat

2. Menjaga kesehatan jantung

Tanaman yang terkenal ini berkontribusi dalam menjaga sistem kardiovaskular anda tetap sehat. Kandungan potasium seledri dapat mengatur tekanan darah. Seratnya membantu menghilangkan kolesterol pada usus, sehingga mencegah kolesterol masuk ke dalam aliran darah anda. Seledri bahkan memiliki efek menenangkan karena adanya kandungan phytochemical di dalamnya.

3. Memiliki sifat anti-inflamasi

Antioksidan yang ditemukan dalam seledri membantu mengurangi peradangan. Ini bagus untuk mengurangi peradangan jika anda menderita encok atau artritis. Selain itu, flavonoid dalam seledri membantu melindungi dan memperkuat sendi dan jaringan ikatnya.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Sayur ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi sembelit. Meskipun manfaatnya tidak terbatas untuk melancarkan pencernaan. Manfaat penting seledri lainnya yaitu:

  • Karena memiliki kandungan serat yang besar, seledri dapat mencegah sembelit.
  • Merangsang sekresi air liur dan cairan lambung, yang membantu melancarkan pencernaan.
  • Memperbaiki lapisan usus.
  • Mencegah terjadinya ulkus.

5. Membersihkan racun di tubuh

Sayur ini juga dapat mengeluarkan toksin dan limbah yang tidak dibutuhkan lagi di tubuh anda. Dan juga sangat efektif untuk menghilangkan batu empedu dan batu ginjal.

Baca juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

Salah satu hal penting dari sayur ini adalah anda bisa mengkonsumsinya mentah-mentah atau yang sudah dimasak. Tidak seperti sayuran lainnya, seledri tidak kehilangan nutrisinya saat dikukus. Jika anda tidak suka memakannya mentah-mentah, anda bisa memasaknya dan anda tidak akan kehilangan nutrisinya.

Bagi pria, tanaman ini mengandung androstenon dan androstenol tingkat tinggi yang merupakan feromon kejantanan. Banyak ilmuwan percaya bahwa tanaman ini dapat meningkatkan daya tarik pria.

Jadi, selain sangat bermanfaat dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan daya tarik terhadap pasangan, mengkonsumsi seledri adalah cara yang luar biasa untuk menjaga kesehatan anda.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat luar biasa dari tanaman hijau ini. Mulai sekarang penting untuk menambahkannya ke dalam menu makanan sehari-hari anda. Atau anda juga bisa menanam tanaman ini dan meletakkannya di dapur rumah karena hanya membutuhkan pot kecil yang diisi tanah sebagai media tanamnya.

Share is caring!