5 Makanan Berlemak yang Justru Menyehatkan Tubuh

By - 14/03/2017

5 Makanan Berlemak yang Justru Menyehatkan Tubuh – Ketika berbicara tentang makanan berlemak, secara otomatis kita memikirkan makanan yang tidak sehat. Selain itu, orang zaman sekarang telah menigkatkan asupan produk olahan seperti gula, dan makanan karbohidrat olahan. Hasilnya populasi sekarang memiliki kelebihan berat badan, cepat lelah, dan mudah sakit.

manfaat makanan lemak tinggi yang justru menyehatkan tubuh

Image: infoyunik.com

Untungnya, penelitian dan penemuan baru telah membantu kita untuk mempelajari cara mengarasinya. Ternyata beberapa makanan berlemak memiliki manfaat besar daripada yang anda ketahui.

Pada artikel ini, kami ingin menjelaskan beberapa manfaat makanan berlemak yang menurut dokter dapat anda konsumsi dalam jumlah banyak. Makanan berlemak ini akan membantu anda tetap sehat. Makanan ini adalah makanan alami dan lezat. Plus, dapat membuat diet anda menjadi seimbang dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Berikut daftar makanan berlemak yang dapat menyehatkan anda.

1. Alpukat

Alpukat sedikit berbeda dibanding buah lainnya. Sementara buah-buahan biasanya kaya akan karbohidrat, namun alpukat memiliki banyak lemak. 77% dari buah ini terdiri dari lemak yang sehat untuk tubuh. Di dalamnya terdapat asam lemak paling umum yaitu asam oleat. Unsur ini yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Yang terpenting, asam lemak ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, alpukat adalah salah satu sumber potassium nabati terbesar. Alpukat memiliki potasium 40% lebih banyak daripada pisang. Alpukat juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kesehatan jantung anda.

Ini berarti ketika anda memakannya secara teratur, buah ini dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Pada saat yang sama, alpukat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Keju

Tidak aneh keju menjadi salah satu makan mengandung lemak yang perlu dikonsumsi. Faktanya adalah sepotong keju sama banyaknya dengan segelas susu. Ini berarti keju adalah sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, dan selenium yang baik. Plus, sepotong keju memiliki 6,7 gram protein.

Keju juga kaya akan asam lemak yang mencegah munculnya diabetes. Tentu ini merupakan berita bagus bagi para pecinta keju di Indonesia.

Baca juga: 6 Manfaat Kismis Dimasukkan ke Menu Sarapan

3. Cokelat hitam

Mungkin di dalam daftar makanan berlemak ini tidak ada makanan yang lezat. Tapi ternyata cokelat hitam juga termasuk makanan berlemak yang harus dikonsumsi dan kami akan memberikan alasan bagus kenapa harus mengkonsumsi cokelat hitam.

Cokelat hitam tidak hanya enak, tapi juga memiliki 11% serat plus memberi anda 50% asupan besi, magnesium dan mangan harian yang anda perlukan.

Selain itu, cokelat hitam memiliki jumlah antioksidan yang tinggi. Jumlahnya lebih tinggi dibandingkan buah-buahan. Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam cokelat hitam membantu mengurangi tekanan darah anda dan juga membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Agar mendapatkan manfaat dari cokelat hitam, anda perlu makan satu ons cokelat hitam lima kali per minggu. Meski makanan ini sangat enak, tapi jangan berlebihan mengkonsumsinya dan kualitas coklat yang anda makan haruslah memiliki kualitas yang baik.

4. Telur

Kebanyakan orang menganggap mengkonsumsi telur tidak sehat. Mereka mengira kuning telur kaya akan lemak dan kolesterol jahat yang membahayakan sistem kardiovaskular tubuh. Memang ini benar adanya saat berbicara tentang kolesterol dan lemak.

Satu butir telur memiliki 212 mg kolesterol. Namun, jumlah ini hampir tidak mewakili 71% kolesterol yang perlu anda makan setiap hari. Selain itu, 62% kalori yang anda dapatkan dari telur berasal dari lemak.

Yang menarik adalah angka-angka ini nampaknya berbahaya. Namun kenyataannya, mengkonsumsinya tidak memiliki efek negatif. Ini karena telur benar-benar alami. Telur bahkan memiliki beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

  • Telur kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan mata
  • Memberi nutrisi yang mendorong kesehatan otak
  • Telur kaya akan protein. Akibatnya, telur akan membuat anda merasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan anda
  • Kaya akan asam lemak omega 3

Setiap kali anda makan telur, pastikan hanya makan telur saja. Dengan kata lain, jangan mencampurnya dengan lemak lain seperti daging babi.

Baca juga: 7 Makanan untuk Membersihkan Hati Secara Alami

5. Kelapa dan minyak kelapa

Kelapa dan minyaknya merupakan salah satu sumber utama lemak jenuh yang mudah anda temukan. Sebenarnya, 90% kandungan kelapa adalah asam lemak jenuh. Karena itu, orang yang memakannya secara teratur cenderung tidak memiliki masalah jantung. Plus, akan memiliki tubuh yang sehat

Asam lemak dalam kelapa dimanfaatkan tubuh dengan cara yang sedikit berbeda dari yang lain. Asam lemak ini langsung menuju ke hati anda, dan dari situ asam lemak ini berubah menjadi keton.

Selain itu, kelapa dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mempercepat metabolisme tubuh. Jika anda memiliki riwayat keluarga penyakit Alzheimer. Minyak kelapa dapat menurunkan gejala penyakit ini.

Share is caring!