5 Jus Vegan Kaya akan Protein dan Serat

By - 04/05/2017

5 Jus Vegan Kaya akan Protein dan Serat – Cara yang sangat sehat dan baik mendapatkan protein dan serat adalah dengan meminum jus vegan yang dibuat dengan buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minuman nabati.

jus vegan yang kaya akan serat dan protein nabati

Image: merdeka.com

Pada artikel ini, kami akan memberikan lima cara membuat jus sehat dan bergizi ini. Jus ini akan memberi anda banyak energi tanpa perlu memakan makanan yang berasal dari hewan atau mengkonsumsi suplemen.

Sayuran berbasis protein

Protein sangat diperlukan untuk kesehatan. Protein membantu mempertahankan kekencangan otot dan juga membantu anda dalam menurunkan berat badan.

Kita sering mendengar bahwa untuk mendapatkan protein, kita perlu mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Ini berarti daging, ikan, telur, dan susu. Memang benar makanan tersebut memiliki jumlah protein yang lebih tinggi. Tapi, sebenarnya tubuh lebih baik dalam mencerna makanan nabati.

Anda bisa menemukan sumber protein yang baik dalam kacang-kacangan, sereal, biji-bijian, dan bahkan beberapa jenis buah.

Jus sehat dan bergizi

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan lima jus sehat dan sangat bergizi. Jus ini memastikan tubuh mendapatkan vitamin, mineral, protein nabati, serat, dan asam lemak esensial yang baik. Jus vegan ini tidak mengandung gula dan tidak mengandung gluten. Karena itu, jus ini dapat diminum oleh semua orang.

Waktu terbaik meminum jus ini adalah saat sarapan. Orang-orang yang melakukan aktivitas fisik dan intelektual di siang hari juga dianjurkan minum jus vegan ini.

Baca juga: Manfaat Minum Jus Cranberry Setiap Hari

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat resepnya!

1. Jus alpukat dan bunga matahari

Alpukat adalah salah satu makanan sehat dan paling lengkap nutrisinya. Alpukat tergolong buah-buahan meski kandungan lemak dan proteinnya sangat tinggi. Sementara itu, biji bunga matahari sangat bagus untuk atlet, wanita hamil, dan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Keduanya harus diproses mentah-mentah, tidak dipanggang atau digoreng. Dengan cara ini, keduanya akan memberikan nutrisi yang maksimal. Sebelum mencampurnya dengan alpukat, kami sarankan agar anda merendamnya selama beberapa jam.

Anda perlu menambahkan sedikit air ke minuman ini agar tidak terlalu kental. Plus, kalau mau anda juga bisa menambahkan sedikit stevia untuk mempermanis rasanya.

2. Jus susu kelapa, biji chia, dan pisang

Kelapa dan alpukat adalah buah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung protein dan lemak sehat. Anda bisa mengkonsumsi air kelapa, minyak kelapa, ataupun susu kelapa. Semuanya sehat dan memiliki rasa yang enak.

Sebelum dikonsumsi biji chia harus direndam semalaman. Benih ini kaya akan protein dan juga merupakan obat yang sangat baik untuk membersihkan usus dan mencegah konstipasi (sembelit).

Bahan terakhir yaitu pisang yang memberi rasa manis alami, karbohidrat, dan protein. Karbohidrat pada pisang bermanfaat untuk menambah massa otot.

3. Jus persik dan biji rami

Persik merupakan salah satu buah yang sangat kaya akan protein. Karena sangat manis dan sedikit asam buah ini dapat dibuat menjadi jus dengan campuran apapun. Ini adalah buah yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan peremajaan kulit.

Biji rami menjadi tren bagi orang yang ingin mengkonsumsi protein nabati dan untuk menambahkan energi ke dalam tubuh mereka. Untuk membuat jus ini, anda juga harus menambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental.

4. Jus pepaya dan biji labu

Pepaya adalah buah yang sangat manis. Buah ini sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan karena mengandung sejumlah protein dan serat yang baik.

Biji labu tidak hanya sangat bergizi tapi juga merupakan obat yang baik bagi anda yang sedang mengalami masalah pada prostat. Plus, biji ini membantu mencegah berkembangnya parasit di usus. Anda bisa menambahkan air atau jus jeruk sehingga jus ini lebih cair.

Baca juga: Buah dan Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan

5. Jus susu almond dan apel

Selain halus dan lembut, jus ini memiliki cita rasa yang lezat. Anda bisa membuat jus dari susu almond yang mudah didapatkan di toko. Susu almond merupakan salah satu makanan nabati yang paling banyak mengandung protein. Setiap 3,5 ons susu almond mengandung 19 gram protein.

Apel cocok dengan susu almond. Bersama-sama kedua bahan ini membantu merawat sistem kardiovaskular anda. Plus, keduanya juga melancarkan fungsi pencernaan dan mengurangi kadar gula dalam darah anda.

Share is caring!