4 Manfaat Psikologis dari Jalan Kaki

By - 16/02/2017

4 Manfaat Psikologis dari Jalan Kaki – Latihan fisik sangat baik untuk tubuh dan otak anda. Dalam artikel ini, kami ingin berbicara tentang sesuatu yang spesifik yaitu manfaat psikologis dari jalan kaki.

manfaat psikologis yang didapatkan dari jalan kaki

Image: lifestyle.kompas.com

Jalan kaki tidak membuat anda lelah, malah menyenangkan. Tidak perlu melakukan jalan cepat, anda cukup melakukan seperti biasanya. Meskipun terkesan tidak memberi efek besar pada tubuh, ternyata jalan kaki berdampak pada psikologis lebih dari yang anda bayangkan.

1. Membebaskan pikiran

Salah satu manfaat psikologis utama dari jalan kaki adalah membebaskan pikiran anda. Banyak hal positif yang anda dapatkan ketika anda bisa berpikir jernih. Hal ini penting ketika anda perlu membuat keputusan penting. Atau, mungkin ketika anda berada dalam sebuah masalah.

Tidak mungkin melakukan kegiatan ini di dalam ruangan. Anda perlu keluar dan bergerak di udara terbuka. Lakukan ini dari waktu ke waktu dengan konsisten dan anda akan merasakan manfaatnya.

2. Menghilangkan ketegangan

Kebanyakan dari kita pasti hidup dalam tekanan. Kita juga hidup di bawah tekanan yang hampir setiap hari kita rasakan. Karena itu, wajar kalau kita tidak tahu bagaimana caranya mengendalikan emosi. Sering kali, kita merasa marah tanpa mengetahui alasannya.

Banyak orang tiba-tiba emosi tanpa menyadarinya. Bila anda menghabiskan banyak waktu untuk bekerja atau menyelesaikan tugas atau proyek, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk berjalan kaki bila merasa terbebani.

Manusia bukanlah mesin. Anda butuh waktu istirahat agar dapat bekerja dengan maksimal. Tidur, bersantai, dan beristirahat dari segala hal yang membuat anda cemas adalah hal yang baik.

Bersantai akan membantu menyegarkan pikiran anda dari beban pekerjaan yang dapat mengakibatkan stres. Stres memiliki efek buruk pada kesehatan. Jadi, penting menjaga pikiran tetap tenang dan terkendali.

Baca juga: 8 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Emosional

3. Berhenti memikirkan hal yang negatif

Secara tidak sadar biasanya anda memikirkan hal-hal negatif tentang pekerjaan atau masalah pribadi anda. Semakin anda memikirkannya semakin membuat pikiran anda sibuk yang pada akhirnya, anda tidak menemukan solusi yang benar.

Pikiran ini berubah menjadi lingkaran setan. Dampaknya banyak energi yang anda keluarkan untuk hal yang sama sekali tidak penting. Saran kami pikirkanlah yang indah-indah dan selalu bersikap optimis terhadap segala sesuatu.

Manfaat psikologis dari jalan kaki juga membuat pikiran anda terlepas dari rutinitas yang membebani hari anda. Plus, anda juga bisa mengekspresikan diri anda ke hal-hal yang lain. Akan lebih baik jika meluangkan waktu untuk jalan kaki di pagi hari dengan menghirup udara segar.

4. Meningkatkan kreativitas

Jika anda memiliki pekerjaan yang menuntut anda untuk kreatif, mungkin saat ini anda dalam tekanan mental akibat dari pekerjaan anda. Hal ini malah membuat anda semakin sulit melakukan pekerjaan anda karena kurangnya kreatifitas.

Situasi ini adalah situasi yang tidak menyenangkan. Namun, ketika otak anda bekerja dengan baik, proyek dan pekerjaan akan terselesaikan dengan baik. Pikiran anda akan selalu terbuka dan bebas menerima gagasan baru. Anda bisa merangsangnya dengan sensasi yang anda temukan saat jalan kaki.

Kegiatan ini tidak memerlukan banyak usaha. Namun, dampaknya sangat besar dalam meningkatkan kreatifitas otak. Saat anda jalan kaki, anda akan menemukan perasaan yang berbeda.

Pernahkah anda terinspirasi oleh sebuah video? Atau mungkin terinspirasi ketika berbicara dengan seseorang? Tentu pernah, karena kreativitas adalah sesuatu yang tidak bisa anda dapatkan dengan memaksa pikiran anda. Anda perlu membiarkannya terbang bebas.

Baca juga: 8 Tips Sederhana untuk Meratakan Perut

Berjalan-jalan di akhir pekan akan membuat anda rileks. Jalan kaki juga membantu menyegarkan pikiran setelah menjalani hari yang sibuk. Berjalan di pagi hari memberikan anda energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada banyak manfaat psikologis yang kita dapatkan dari berjalan. Namun, semuanya tergantung pada konsistensi anda dalam melakukannya. Buatlah berjalan menjadi rutinitas pola hidup sehat anda, karena sedikit pencegahan dapat memberikan efek kesehatan yang besar di masa depan.

Share is caring!