4 Buah Terbaik untuk Mencegah Sakit Kanker

By - 08/04/2017

4 Buah Terbaik untuk Mencegah Sakit Kanker – Buah-buahan merupakan salah satu makanan paling dicintai semua orang yang tersedia di alam. Dan semua buah-buahan bermanfaat bagi tubuh kita.

buah-buahan yang mampu mencegah penyakit kanker

Image: jellygamatluxor.biz

Dalam buah-buahan terdapat vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Beberapa dari jenis buah-buahan dapat membantu dalam mengatasi salah satu penyakit paling mematikan seperti kanker.

Kanker adalah penyakit yang merenggut nyawa banyak orang setiap tahunnya. Karena itu, kami akan memberi tahu beberapa buah anti kanker yang harus anda makan untuk menghindari penyakit ini.

1. Cranberry

Di antara buah anti-kanker lainnya, cranberry adalah yang terbaik karena kaya akan antioksidan. Antioksidan yang dapat kita temukan di cranberry adalah antosianin.

Antosianin, asam ellagic, dan uroline yang terkandung dalam blueberry meminimalkan radikal bebas dalam DNA yang dapat menyebabkan kanker. Senyawa ini juga mematikan sel berbahaya dan menurunkan pertumbuhan sel kanker mulut, usus besar, payudara, dan prostat.

Vitamin C adalah vitamin yang juga membantu mencegah kanker. Vitamin ini banyak ditemukan dalam buah kecil ini. Vitamin C menangkap radikal bebas dan melindungi sel DNA sekaligus menghambat pertumbuhan tumor.

Pastikan untuk membeli buah cranberry ketika anda berbelanja. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau memakannya langsung.

Baca juga: Manfaat Minum Jus Cranberry Setiap Hari

2. Anggur

Anggur adalah buah-buahan terpenting kedua dalam daftar buah-buahan anti kanker ini dan anda perlu mengkonsumsinya setiap hari. Ada senyawa alami dalam kulit buah anggur ini yang disebut resveratrol, yang banyak ditemukan dalam anggur merah dan anggur hitam gelap.

Resveratrol telah terbukti pada pengobatan sel kanker usus besar yang secara signifikan mengurangi aktivitas enzim ornithine decarboxylase. Enzim ini adalah biang keladi pertumbuhan sel kanker. Semakin sedikit enzim ini di tubuh anda, maka semakin baik.

Efek buah anggur tidak hanya positif melawan pertumbuhan kanker usus besar, tapi juga membantu mengurangi risiko perkembangan tumor di payudara dan kelenjar prostat.

3. Alpukat

Banyak orang berpikir bahwa alpukat adalah sayuran, namun kenyataannya alpukat adalah buah-buahan dan merupakan makanan terbaik yang mudah anda temukan.

Buah anti kanker ini juga kaya akan lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Alpukat adalah sumber gluten antioksidan yang baik. Senyawa ini membantu menghancurkan dan menghilangkan radikal bebas yang memutasi DNA.

Alpukat juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti penjelasan sebelumnya, vitamin ini menangkap radikal bebas dan melindungi sel DNA, dan menghambat pembentukan tumor. Karotenoid yang ditemukan pada alpukat (beta karoten, alfa-karoten, dan zeaxanthin) membantu mencegah kanker payudara, prostat dan kanker mulut. Kelimpahan vitamin E yang ditemukan pada alpukat secara drastis mengurangi resiko terkena kanker payudara.

Konsumsi buah berlemak ini dalam bentuk salad atau anda dapat memakannya langsung. Jika anda ingin memberi sentuhan alpukat pada masakan anda, cobalah memasak dengan menambahkan sedikit minyak alpukat.

4. Nanas

Salah satu buah anti kanker yang disukai semua orang adalah nanas. Buah eksotis ini mengandung bromelain, enzim yang membantu memecah protein dan memiliki peran dalam menangkap dan membunuh sel kanker tanpa menghilangkan sel sehat.

Enzim bromelain ini terdapat di batang dan tentunya di buah nanas. Bromelain juga anti-inflamasi dan efektif untuk melawan rasa sakit yang luar biasa. Ini berarti nanas juga dapat berguna bagi orang yang menderita radang sendi. Efek anti-inflamasi dan anti koagulan dari bromelain meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini membuat tubuh kita lebih efektif dalam memerangi kanker.

Baca juga: 8 Tips Agar Tetap Sehat Setelah Sembuh dari Kanker

Manfaatkan buah-buahan anti kanker yang juga menjaga kesehatan secara alami

Makan buah-buahan adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Itulah mengapa kita tidak boleh menghilangkannya dari menu makanan kita.

Jika anda memiliki penyakit seperti diabetes, penting untuk mengontrol dalam mengkonsumsi buah-buahan, tapi selalu sertakan sedikit buah-buahan dalam makanan anda.

Suplemen dan buah-buahan yang kita konsumsi memberikan vitamin yang sama, tapi mengkonsumsi buah-buahan dijamin tidak menimbulkan efek samping.

Share is caring!