14 Penyebab Gusi Berdarah Saat Gosok Gigi

By - 06/06/2017

14 Penyebab Gusi Berdarah Saat Gosok Gigi – Pernahkah gusi anda berdarah saat menyikat gigi? Ini sangat umum terjadi. Banyak alasan mengapa gusi berdarah saat menyikat gigi. Tapi, alasan utamanya adalah karena anda tidak merawat kesehatan mulut dengan benar.

alasan kenapa gusi berdarah saat menyikat gigi

Image: indowarta.com

Mulut merupakan tempat berkembangnya kuman dan bakteri, jadi dianjurkan untuk:

  • Sering ganti sikat gigi.
  • Gunakan benang untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di selah-selah gigi.
  • Ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun.

Tapi, meskipun gusi anda tidak berdarah atau sakit, jangan berhenti merawat kesehatan mulut anda. Buruknya kesehatan mulut dapat menyebabkan masalah lainnya seperti gigi berlubang, sariawan, dan lain-lain. Di bawah ini, kami memberikan alasan kenapa gusi anda bisa berdarah:

1. Gingivitis (gusi bengkak)

Gingivitis adalah salah satu alasan dan paling umum mengapa gusi anda berdarah. Kondisi ini terjadi karena pembengkakan gusi akibat penumpukan plak. Obat yang paling efektif untuk masalah ini adalah dengan merawat kebersihan mulut.

2. Kekurangan vitamin K

Kekurangan vitamin K juga menyebabkan gusi berdarah. Vitamin ini sangat penting bagi proses pembekuan darah.

3. Merokok

Mengkonsumsi tembakau secara berlebihan menyebabkan kerusakan pada gigi dan menyebabkan kesehatan mulut menurun. Jika anda seorang perokok, gusi anda akan berdarah saat mengkonsumsi makanan keras atau menyikat gigi.

Baca juga: Berhenti Merokok dengan 4 Tips Mudah Ini

4. Umur

Dalam kasus ini, gusi berdarah normal sampai batasan tertentu. Semakin tua anda, semakin besar kemungkinan anda mengalami gusi berdarah.

5. Diabetes

Jika menderita diabetes, normal jika gusi anda berdarah (sampai batasan tertentu). Biasanya, gusi berdarah terjadi saat menyikat gigi dengan sangat agresif atau dengan sikat gigi yang bulu sikatnya keras. Pastikan menyikat gigi dengan lembut dan pastikan sikat gigi anda memiliki bulu yang lembut.

6. Gizi buruk

Kurangnya nutrisi dalam tubuh serta tidak adanya vitamin penting seperti vitamin A, B dan C dapat menyebabkan gusi anda melemah dan akhirnya berdarah. Jadi penting juga memakan makanan diet yang bervariasi dan sehat. Nutrisi dan vitamin paling mudah anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

7. Obat tertentu

Kadang-kadang, orang-orang yang melakukan perawatan medis terus-menerus juga besar kemungkinan mengalami gusi berdarah. Karena obat yang dikonsumsinya dapat menurunkan produksi air liur, yang menyebabkan mulut menjadi kering.

Jika gusi anda berdarah setelah minum obat, tanyakan kepada dokter atau dokter gigi mungkin saja kedua faktor tersebut saling berkaitan. Jika ya, anda dapat meminta untuk meminum obat yang berbeda jika perawatan anda akan sangat lama atau menunggu hingga pengobatan anda saat ini selesai jika hanya perlu meminumnya selama beberapa hari.

8. Stres

Ternyata stres juga dapat menyebabkan gusi dan jaringan di mulut anda melemah dan menyebabkan gusi berdarah karena menurunnya tingkat kekebalan tubuh.

Hilangkan stres anda dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda. Selain tubuh anda bergerak, olahraga ini juga membuat pikiran anda terbuka dengan menghirup udara segar di luar ruangan.

9. Gigi tidak lengkap

Bila gigi anda sudah ada yang tercabut, anda tidak dapat menggigit dengan benar. Hal ini menyebabkan gesekan pada gigi yang tidak rata yang membuat gusi berdarah. Cobalah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menemukan solusi yang tepat.

10. Kekebalan tubuh

Tubuh cenderung mengidap berbagai penyakit bila tidak memiliki sistem kekebalan yang baik. Beberapa masalah kesehatan seperti anemia mungkin menjadi alasan kenapa gusi anda berdarah (karena meningkatnya proliferasi bakteri).

11. Jarang ke dokter gigi

Jika kesehatan mulut anda tidak diperiksa secara teratur, anda tidak akan tahu secara pasti penyebab gusi berdarah. Pergi ke dokter gigi untuk menghilangkan plak gigi sangat penting bagi kesehatan mulut anda secara keseluruhan.

12. Infeksi mulut

Perlu diingat bahwa air liur adalah sumber bakteri. Hati-hati dengan siapa anda berciuman untuk menghindari masalah bakteri yang menyebabkan peradangan dan gusi berdarah.

Baca juga: 7 Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

13. Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu alasan mengapa gusi anda berdarah. Meski hamil adalah hal yang sangat normal, tapi kondisi ini dapat memberikan perubahan yang besar pada kesehatan anda. Konsultasi dengan dokter untuk mencari solusi apa yang harus anda lakukan.

14. Gusi berdarah setelah perawatan gigi

Apakah setelah melakukan perawatan gigi gusi anda mulai berdarah? Hal ini terjadi karena gigi tiruan atau tambalan gigi dipasang tidak benar atau penekanan yang terlalu kuat saat membersihkan gigi. Kembali ke dokter gigi untuk memperbaikinya.

Share is caring!